Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi

Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi

Aktivitas manusia dalam kegiatan lingkungan ekonomi nyatanya juga menimbulkan dampak terhadap lingkungan. Lingkungan ekonomi adalah lingkungan manusia dalam hubungan dengan sesamanya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Standar kualitas lingkungan ekonomi dikatakan baik jika kehidupan manusia tercukupi, baik sandang, pangan atau makanan, papan atau tempat permukiman, pendidikan, maupun kebutuhan lainnya.
Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi

Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Dengan jumlah penduduk yang sangat besar ini, berarti banyak pula kebutuhan yang harus dipenuhi, seperti tempat tinggal, makanan, pekerjaan, transportasi, dll. Pertumbuhan penduduk yang pesat berdampak terhadap kegiatan ekonomi masyarakat yang tidak seimbang dengan munculnya masalah sosial, contohnya masalah pengangguran, masalah pendidikan, masalah tempat berolahraga, masalah olah seni, & kemiskinan.

Kemiskinan merupakan suatu keadaan yang serba kekurangan. Secara luas kemiskinan itu dapat dilihat dari pendapatan yang diterima. Seseorang dikatakan miskin apabila penghasilan yang diperolehnya tidak mampu memenuhi kebutuhan diri & keluarganya.

Masyarakat miskin tidak mempunyai rumah, pakaian, & makanan yang layak. Makanan yang mereka makan tidak bergizi. Anak-anak dari keluarga miskin banyak yang tidak bersekolah.

Kemiskinan terjadi disebabkan oleh banyak faktor di antaranya keterbatasan lapangan pekerjaan & rendahnya tingkat pendidikan. Kemiskinan dapat menimbulkan masalah lain seperti; masalah kesehatan, pemukiman kumuh merupakan potret kemiskinan, tawuran, & tindak kriminal.

Upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemiskinan di antaranya adalah memanfaatkan program kesehatan gratis & bantuan pendidikan dari pemerintah, mengikuti pelatihan keterampilan kerja, & mengembangkan gagasan ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep ekonomi yang mengintensifkan informasi & kreativitas dengan mengandalkan ide sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi.

Industri kreatif merupakan kelompok industri yang terdiri atas berbagai jenis industri yang masing-masing memiliki keterkaitan dalam proses pengeksploitasian ide menjadi nilai ekonomi tinggi yang dapat menciptakan kesejahteraan. Misalnya; mengembangkan industri rumah tangga & kerajinan, serta mengembangkan seni pertunjukkan rakyat sebagai daya tarik wisata.

Kemiskinan merupakan gejala sosial yang ada di setiap wilayah. Masalah itu sulit diatasi dengan hanya mengandalkan kemampuan pemerintah. Kepedulian terhadap sesama dapat membantu saudara kita yang hidupnya kurang beruntung atau miskin.

Demikianlah ulasan mengenai Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi, yang pada kesempatan kali ini dapat dibahas dengan lancar & singkat. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat & untuk kurang lebihnya mohon maaf. Cukup sekian & sampai jumpa.

*Rajinlah belajar demi Bangsa & Negara, serta jagalah kesehatanmu!!!
*Semoga anda sukses!!!

0 Response to "Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel