Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang

Manusia setiap hari melakukan kegiatan konsumsi dengan tujuan untuk  memenuhi kebutuhan. Kegiatan yang dilakukan manusia tergantung dari tujuan masing-masing individu. Konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai, atau menghabiskan barang/jasa atau mengurangi kegunaan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan baik sekaligus maupun secara berangsur-angsur.

Perlu diketahui bahwa sifat dasar manusia yang selalu ingin memenuhi semua kebutuhannya, sedangkan kebutuhan manusia tidak ada batasnya. Ketika kebutuhan sudah terpenuhi, akan muncul kebutuhan yang lain. Hal ini akan membuat manusia cenderung berperilaku konsumtif.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pola konsumsi seseorang, antara lain;
a. Tingkat Pendapatan
pendapatan
Besar-kecilnya pendapatan yang diterima seseorang akan mempengaruhi pola konsumsi orang itu. Semakin besar pendapatan seseorang maka konsumsinya cenderung meningkat dan sebaliknya apabila pendapatnya sedikit maka jumlah konsumsi orang itu juga sedikit.

b. Sikap Hidup
Sikap hidup seseorang akan berpengaruh terhadap pola konsumsi, misal sikap hidup boros atau hemat. Mereka yang memiliki sikap hidup boros maka tingkat komsumsinya cenderung tinggi. Dan mereka yang memiliki sikap hidup hemat maka tingkat konsumsinya cenderung sedikit.

c. Lingkungan Tempat Tinggal
Manusia hidup tidak lepas dari lingkungan sekitarnya. Manusia akan selalu beradaptasi dengan lingkungannya, sehingga pola konsumsi seseorang itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan seseorang itu berada.

d. Selera
Keinginan masing-masing orang tidaklah sama. Keinginan yang muncul dalam diri seseorang karena adanya daya tarik barang/jasa yang dipengaruhi oleh faktor psikologis, yang dikenal dengan selera. Selera seseorang akan mempengaruhi pola konsumsi. Jika selera orang itu tinggi terhadap suatu barang/jasa maka konsumsi terhadap barang/jasa akan meningkat, dan sebaliknya apabila selera orang itu rendah maka konsumsi terhadap barang/jasa akan  rendah.

Demikianlah ulasan mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang, yang pada kesempatan kali ini dapat dibahas dengan lancar. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kita semua yang menyimaknya. Kiranya cukup sekian, kurang lebihnya mohon maaf dan sampai jumpa.
*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!!!
*Semoga anda sukses!!!

0 Response to "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi Seseorang"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel