Konsep Pengembangan Koleksi

Konsep Pengembangan Koleksi
Berbagai upaya pengembangan koleksi terus gencar dilakukan agar kualitas informasi bisa terjaga dan koleksi bahan perpustakaan bisa diperluas aksesnya sesuai kebutuhan informasi bagi pemustaka. Koleksi perpustakaan pada masa kini tidak hanya berupa bahan tercetak, namun termasuk juga semua media yang memuat nilai pengetahuan dan informasi yang dikoleksi perpustakaan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi perpustakaan. Media yang dimaksud antara lain materi informasi terekam seperti film, CD/VCD, CD-ROM, dan media lain yang bisa diakses melalui media terpasang (Online).
Konsep Pengembangan Koleksi
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi antara lain ditandai dengan hadirnya berbagai tren kemajuan teknologi elektronik atau digital dalam bentuk sumber daya elektronis. Pengembangan koleksi perpusatakaan sekolah sangat dimungkinkan untuk mengembangkan koleksi sumber daya elektronis.

Salah satu unsur utama perpustakaan adalah tersedianya koleksi. Tanpa adanya koleksi yang baik dan memadai, perpustakaan tidak akan bisa memberikan layanan yang baik kepada masyarakat pemakainya. Koleksi perpustakaan adalah kumpulan bahan perpustakaan yang terdapat di perpustakaan. Bahan perpustakaan merupakan kesatuan unit informasi dalam bentuk tercetak dan terekam. Dalam konteksnya, koleksi perpustakaan adalah semua bahan pustaka yang dikumpulkan, diolah, dan disimpan untuk disajikan kepada masyarakat pengguna dalam upaya memenuhi informasi yang dibutuhkan. Koleksi pepustakaan selain mempunyai fungsi sumber informasi juga sebagai prasarana pendidikan, penelitian, dan pengembangan serta hiburan.

Koleksi dasar perpustakaan adalah koleksi yang minimal harus dimiliki oleh perpustakaan itu agar tugas pokok dan misinya bisa terpenuhi, meskipun tidak tercapai secara optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan koleksi dasar perpustakaan adalah koleksi berupa buku referensi, majalah ilmiah dan buku teks yang terkait langsung dengan subjek yang menjadi lingkup misi perpustakaan dan lembaga induk perpustakaan, serta semua pustaka baik yang diterbitkan maupun yang tidak diterbitkan oleh institusi di tempat mana perpustakaan didirikan.

Demikianlah ulasan mengenai “Konsep Pengembangan Koleksi”, yang pada kesempatan ini dapat dibahas dengan lancar, dan semoga bermanfaat bagi para pembaca. Cukup sekian dan sampai jumpa!
Sudah di Revisi
*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!
*Semoga anda sukses!

1 Response to "Konsep Pengembangan Koleksi"

  1. Hi there, yes this piece of writing is truly good and I have learned lot of things from it
    regarding blogging. thanks.

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel