Perencanaan-Konsep Perencanaan dan Jenis Perencanaan

Konsep Perencanaan dan Jenis Perencanaan
Konsep Perencanaan
Perencanaan adalah proses kegiatan dalam menyusun sasaran dan sumber daya yang diperlukan dalam kurun waktu tertentu untuk masa yang  akan datang sesuai dengan tugas dan fungsi yang ditetapkan untuk mencapai tujuan perpusdokinfo. Menurut para pakar manajemen, pengertian perencanaan bisa dirumuskan sebagai berikut;
Perencanaan-Konsep Perencanaan dan Jenis Perencanaan
  • Menurut, Ralph Currier dan Allan C. Filley (1971) menyatakan bahwa perencanaan adalah pekerjaan menentukan dan memerinci sasaran, kebijakan, program, hubungan organisatoris, prosedur, dan anggaran.
  • George R. Terry (1975) menyatakan bahwa perencanaan adalah pemilihan fakta dan menghubungkan fakta-fakta itu, selanjutnya membuat perkiraan rumusan tindakan yang akan diambil guna mencapai tujuan yang ditetapkan.
  • Henry L. Sisk (1977) menyatakan bahwa perencanaan adalah penganalisisan informasi yang relevan dari sekarang dan masa lampau serta melakukan perkiraan kemungkinan perkembangan pada masa yang akan datang dalam menentukan tindakan yang dilakukan untuk mencapai sasaran organisasi. 
  • Stuart dan Eastlick (1981) menyatakan bahwa perencanaan adalah proses menggiring organisasi dari keadaan sekarang ke keadaan yang dikehendakinya dalam masa tertentu dengan merumuskan tindakan yang akan dilaksanakan.
Perencanaan perpustakaan dilakukan dengan memproyeksikan pikiran terhadap apa yang ingi dikerjakan, kapan dan siapa yang akan mengerjakan apa, serta bagaimana pelaksanaannya. Dengan menyusun suatu perencanaan, sebelumnya akan diketahui sasaran yang akan dicapai, memperkirakan masalah yang dihadapi, dan mengembangkan pemecahan masalah.

Proses perencanaan merupakan proses berpikir secara praktis, memimpikan, dan membuat berbagai tindakan yang diperlukan, menentukan dan menjadwalkan tindakan dan hasil yang harus diperoleh untuk mencapai sasaran organisasi. Dengan menyusun perencanaan, perpusdokinfo akan mempunyai arah atau tujuan yang jelas, di samping memberikan kemudahan dalam melaksanakan pekerjaan. Selain itu, akan bisa diantisipasi segala permasalahan yang mungkin dapat timbul di kemudian hari.

Kegiatan pertama dalam manajemen adalah perencanaan atau membuat rencana berupa perhitungan dan penentuan tentang apa yang akan dijalankan dalam mencapai tujuan tertentu. Jadi, perencanaan bisa juga disebut menyelidiki, meramalkan, melihat kedepan, memproyeksi, memperkirakan apa yang akan terjadi dan mencoba untuk bisa melihat masa depan. Perencanaan bagi perpusdokinfo sangatlah penting, artinya karena apa yang akan dikerjakan diperpustakaan sehari-hari dan pada masa yang akan datang bersumber dari rencana yang telah disusun dan disetujui para pemimpin. Perencanaan yang menyangkut tempat, pelaksana, dan tata cara untuk mencapai sasaran yang ditetapkan. Disebabkan perencanaan tersebut memerlukan pemikiran, tidak setiap orang bisa menjadi perencana.

Dalam kaitan ini, perencana bagi perpusdokinfo memiliki fungsi sebagai;
  • Pedoman untuk mengambil keputusan pada masa yang akan datang.
  • Prosedur, metode, dan proses tata kerja dalam menyelesaikan pekerjaan.
  • Program kerja dan jadwal pelaksanaan kegiatan secara berurutan.
  • Panduan anggaran yang dibutuhkan.
  • Jaringan, diagram, desain, market, pola, dan model yang dijadikan pedoman penyelesaian pekerjaan.

Jenis Perencanaan
Jenis perencanaan pada perpusdokinfo sebagai berikut;
  • Tujuan, sasaran, dan target adalah hasil akhir pelaksanaan suatu kegiatan, yakni sesuatu yang harus dicapai.
  • Rencana strategik, yakni rumusan rencana kegiatan dalam kurun waktu tertentu, baik jangka pendek maupun jangka menengah.
  • Rencana induk, yakni rencana jangka panjang yang berisi sasaran dan kegiatan pokok perpusdokinfo pada masa yang akan datang dalam kurun waktu 20-25 tahun.
  • Rencana operasional perpusdokinfo, yakni rencana yang berlaku dan dilaksanakan dalam waktu pendek atau singkat; bulanan, triwulan, dan tahunan, yang disusun dengan mempertimbangkan ketersedian dana, tenaga, dan sumber daya lainnya.
  • Program kerja adalah penjabaran rencana strategis yang telah disusun dan menindaklanjuti masalah timbul sesuai dengan visi dan misi perpusdokinfo. Susunan dan uraian program diupayakan sesuai dengan kebutuhan lapangan atau yang diharapkan bisa dilaksanakan.
  • Kebijakan. Kebijakan pada dasarnya merupakan ketentua yang telah disepakati oleh para pihak terkait dan ditetapkan oleh yang berwewenang sebagai pedoman atau petunjuk bagi setiap kegiatan aparatur atau masyarakat dalam mendukung kelancaran dan keterpaduan untuk mencapai sasaran, tujuan, misi dan visi yang ditetapkan.
  • Peraturan adalah ketentuan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh suatu organisasi atau perpusdokinfo yang diterbitkan oleh pemerintah.
  • Anggaran, yakni perhitungan kebutuhan yang dibutuhkan dalam melaksanakan program dan kegiatan dalam kurun waktu tahunan.
  • Standard adalah bentuk, ukuran kriteria, dan jumlah, tipe, model dasar yang digunakan sebagai patokan, tolok ukur, gambaran, perhitungan terhadap suatu pelaksanaan dan urutan kerja.
Demikianlah ulasan mengenai “Konsep Perencanaan dan Jenis Perencanaan” yang pada kesempatan ini dapat dibahas dengan lancar, dan semoga bermanfaat bagi para pengunjung ataupun pembaca. Terima kasih dan sampai jumpa!
Sudah di Revisi
*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negaramu, serta jagalah kesehatanmu!
*Semoga sukses dan tujuan baikmu dapat terwujud!

0 Response to "Perencanaan-Konsep Perencanaan dan Jenis Perencanaan"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel