Layanan Referensi

Konsep Layanan Referensi:
layanan referensi merupakan bagian layanan perpustakaan yang secara langsung berhubungan  dengan pembaca dalam memberikan informasi dan penggunaan perpustakaan untuk kepentingan riset & studi. 
Layanan Referensi

Fungsi Layanan Referensi, yaitu agar pelayanan informasi dapat berjalan dengan baik, khususnya sebagai petugas sangat perlu memahami terlebih dahulu fungsi-fungsi referensi diantaranya adalah : 
>Fungsi Informasi; Untuk memberikan informasi kepada pengunjung yaitu, memberikan jawaban pertanyaan singkat maupun penelusuran informasi yang luas serta detail sesuai  kebutuhan pemakai.
> Fungsi Bimbingan; Petugas referensi harus menyediakan waktu guna memberikan bimbingan kepada pengguna perpustakaan untuk menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan. 
> Fungsi Intruksi; Sebagai cara untuk memperkenalkan kepada pemakai tentang bagaimana menggunakan perpustakaan yang baik, serta usaha untuk menggairahkan dan meningkatkan penggunaan perpustakaan.
>Fungsi Supervisi; Yaitu melakukan pengawasan terhadap pengawasan terhadap pengaturan personil, koleksi , ruangan , tata tertib, jam layanan, dsb.
>Fungsi bibliografis; Petugas referensi perlu secara teratur menyusun daftar bacaan / bibliografi untuk keperluan penelitian / mengenal bacaan yang baik dan menarik 
>Fungsi Evaluasi; Yaitu merupakan upaya evaluasi terhadap sumber – sumber reverensi.

 Jenis-jenis koleksi referensi
a)Kamus
Kamus merupakan bahan rujukan yang berisi kata-kata disertai makna (arti) & disusun urut abjad, kadang-kadang dilengkapi dengan cara pengejaan, penulisan
Etimologi (suku kata), sinonim (persamaan), antonim (lawan kata), serta sintaksis (penggunakan dalam kalimat).
b)Ensiklopedi
Ensiklopedi merupakan bahan rujukan yang berisi uraian ringkas tentang berbagai topik / subyek yang umum dengan disusun secara alfabetis, kadang-kadang disertai deskripsi, definisi, dan informasi bibliografis.
c)Direktori
Direktori adalah buku petunjuk yang berisi daftar nama - nama orang atau nama - nama organisasi yang disusun secara alfabetis dan sistematis menurut subjek.
d)Almanak
Almanak disusun secara kronologis, berdasarkan waktu yang umumnya memuat informasi mengenai ramalan-ramalan cuaca, data statistik organisasi atau lembaga, dan catatan-catatan mengenai kejadian atau peristiwa yang nyata dan bersifat mutakhir. Almanak adalah buku yang memuat informasi tentang data atau statistik yang berkaitan dengan negara, kejadian, pejabat, subjek dan kehidupannya.
e)Biografi
Arti dan tujuan Biografi ialah Menulis sejujur mungkin riwayat hidup seseorang  dari lahir sampai saatnya meninggal dan didalamnya diungkapkan bermacam - macam aspek, sifat, pribadi, serta pandangan hidupnya.
f )Buku statistik
Buku yang berisi sumber informasi siap pakai dalam bidang pengetahuan tertentu.
g)Sumber geografi
Sumber geografi yang biasanya berupa peta / atlas.
h)Buku tahunan
Buku tahunan adalah terbitan tahunan, yang isinya mengulas perkembangan dalam setahun, merekam informasi terbaru, dan disajikan dengan bentuk model statistik.
i)Buku petunjuk
Buku petunjuk adalah terbitan, berisi petunjuk dan aturan dari suatu subjek.
j)Buku pegangan
Buku pegangan (handbook) berisi informasi mengenai petunjuk, identifikasi suatu masalah secara mendasar seperti tabel-tabel, simbol, formula, dan istilah / suatu subjek yang digunakan sebagai acuan / yang dibahasnya.
k)Bibliografi
Bibliografi adalah daftar buku atau bahan cetak yang pernah ditulis / diterbitkan.
l)Indeks
Indeks adalah buku yang menunjukan lokasi suatu artikel yang ditulis oleh seseorang.
m)Sumber Elektroniks
Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan sumber referensi tidak hanya berupa buku atau bahan tertulis, tetapi dapat juga dengan internet.

Jenis Jasa Layanan Referensi
Secara garis besar layanan referensi dapat digolongkan menjadi tiga bagian sebagai berikut.
1)Jasa Dasar
Jasa ini merupakan layanan yang wajib dilaksanakan oleh setiap perpustakaan yang meliputi lima hal yaitu; memberikan informasi umum, penyediaan informasi khusus yang meliputi bimbingan cara menggunakan koleksi yang ada di perpustakaan, bantuan menggunakan katalog, bantuan menelusuri dokumen, serta bimbingan menggunakan buku referensi.
2)Jasa Yang Lazim Dilakukan;
<>Jasa pinjam antar perpustakaan
Jasa ini dilaksanakaan apabila ada keterbatasan perpustakaan dalam hal ruangan serta dana yang tersedia.
<>Koleksi tandon
Umumnya, koleksi tandon hanya untuk dibaca di tempat dan disediakan beberapa kopi per judul yang disajikan menurut kebutuhan.
<>Pendidikan pemakai
Dilakukan dengan tujuan memperkenalkan kepada pengguna cara menemukan koleksi buku  atau bahan pustaka yang di cari dengan cepat.
<>Kunjungan perpustakan
Umumnya dilakukan secara berkelompok, baik oleh para mahasiswa, pelajar, peserta kursus, dll.
<>Menyelenggarakan pameran
Dilaksanakan dengan memamerkan / menampilkan bahan pustaka yang baru ataupun dengan tema tertentu.
<>Jasa bimbingan pembaca
Berkaitan dengan bimbingan bacaan bagi perseorangan mengenai apa yang baik dibaca.
<>Memberi izin sementara bagi pemakai bukan anggota
<>Membantu penerbitan perpustakaan
<>Jasa pengindeksan dan abstrak
<>Kompilasi bibliografi
<>Pembuatan guntingan ( kliping )
<>Pembuatan jajaran vertikal berisi pamflet, prospektus, brosur, dan lain - lain.

Jasa Yang Jarang Dilakukan;
<>Jasa terjemahan
Layanan ini biasanya / kadang-kadang disediakan oleh perpustakaan instansi BUMN ataupun swasta yang bonafide.
<>Jasa referal
Jasa ini merupakan tugas yang utama, akan tetapi jarang dilaksanakan karena tugas yang berat bagi petugas referensi ( pustakawan ).

Pertanyaan Referensi
<Bersifat bimbingan ( direction )
Jenis layanan seperti ini masih membutuhkan bimbingan dari petugas perpustakaan atau pustakawan.
<Ready reference
Jenis pertanyaan referensi seperti ini tidak memerkukan analisis atau bimbingan dari petugas perpustakaan. Pertanyaan dari pemakai cukup dijawab dengan satu sumber yang sudah pasti dan siap pakai.
<Penelusuran ( Search )
Jenis pertanyaan referensi seperti ini masih memerlukan penelusuran dan biasanya pertanyaan memerlukan anaisis tertentu. Jika ada pemakai menghendaki jawaban yang lebih rinci, petugas referens harus mencari sumber informasi lain sesuai dengan yang dibutuhkan.
Berikut ini unsur layanan referensi.
>Petugas
Permintaan informasi biasanya sangat bervariasi dan memerlukan jawaban yang cepat dan tepat.
>Sarana dan prasarana
Fasilitas sarana sebaiknya mengikuti perkembangan teknologi. Sebaiknya perpustakaan menyediakan ruangan khusus, dan terpisah untuk layanan referensi. Meja informasi diletak sebaik mungkin, dan diusahakan mudah dilihat, agar dapat digunakan untuk mengawasi ruangan koleksi, serta pemakai secara menyeluruh. Ruangan ditata, sebaik mungkin agar para pemakai merasa nyaman dan damai.
>Pemakai
Latar belakang pendidikan dan pekerjaan pemakai perpustakaan perlu diketahui untuk mendapat gambaran kebutuhan informasi dan kemampuan mereka dalam mencari sumber referensi.
>Pertanyaan referensi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel