Sejarah Perjuangan Bangsa Mexico

Perjuangan rakyat Meksiko awal abad XVI ketika Tentara Spanyol menyerang Yucatan & Pantai Meksiko. Henadez de Corboda & Herman Cortes berhasil menjadi wali Spanyol yang bertanggungjawab atas ekspedisi penaklukkan bangsa Aztec yang tersebar luas & peradaban bangsa Maya. Pada 1521, yaitu 2 tahun setelah pertempuran yang hebat, Tenochtitlan ( sekarang dikenal sebagai kota Meksiko) jatuh ke tangan Cortes, dan pada 1525, Francisco Montejo menaklukkan bangsa Maya. Pada 1540 sebagian besar Meksiko utara di bawah kekuasaan Spanyol.
Perjuangan bangsa mexico
Di masa penindasan, diikuti penakluk Spanyol yang berusaha berdamai dengan penduduk pribumi. Selanjutnya 300 tahun berikutnya, Meksiko berhasil dikuasai sebagai wilayah jajahan Spanyol. Penduduk pribumi melancarkan revolusi pada 1541, tetapi pada akhirnya berhasil dipadamkan. Para penguasa Spanyol terus saja merampok Meksiko yaitu semua sumber daya alamnya, terutama perak, dan menciptakan perkebunan luas untuk ekspor gandum, tebu / gula, & lain-lain. Pada abad XVII ekonomi “Spanyol Baru” merosot tajam. Penyakit & kerja paksa mengakibatkan berkurangnya penduduk pribumi dari 12 juta pada  1520 menjadi 1 juta pada 1720.

Revolusi pertama kali terjadi pada  1810. Saat  itu dipimpin Miguel Hidalgo y Costilla, yaitu seorang pastur paroki yang mengeluarkan “Grito de Delores”, menyerukan diakhirinya kekuasaan Spanyol, pembagian tanah,& pemberdayaan rakyat. Costilla & para pengikutnya ditangkap & dijatuhi hukuman. Jose Maria Moreles y Pavon adalah yang memimpin pemberontakan berikutnya pada 1814 yang juga berhasil dipadamkan, & memisahkan gerakan kemerdekaan yang akibatnya mengarah ke perang gerilya.

Vicente Guerrero memimpin perjuangan baru ini & pada 1821 dia merundingkan sebuah perjanjian dengan para elit Penguasa Spanyol supaya dapat memperoleh hak menentukan nasib sendiri bagi wilayah jajahannya. Sebuah konggres dipilih, & setelah pemberontakan militer pada 1823, akhirnya Meksiko menjadi republik.

Pada 1845, Konggres AS memilih mengambil alih Texas dengan berperang melawan Meksiko sebagai akibatnya. Pada 1848 Amerika Utara unggul atas Tentara Meksiko, & Utah, Texas, Nevada, California, New Mexico, & sebagian besar Colorado di bawah kendali Amerika.

Tahun  1857, Benito Juarez mengeluarkan sebuah undang-undang baru sebagai sebuah upaya untuk menghapuskan sisa-sisa penjajahan. Reformasi tanah tidak berpengaruh untuk meningkatkan taraf hidup sebagian besar penduduk yang tinggal, hidup dalam kemiskinan. Persoalan semakin dipersulit, karena perang saudara pecah tahun 1858 antara kelompok liberal yang dipimpin Juarez & kelompok konservatif. Juarez berhasil memenangkannya & sebagian perubahan dilakukannya untuk membantu mengurangi kekuasaan berlebihan dari Gereja & tentara. Kelompok liberal yang menggantinya namun tidak seberhasil Juarez.

Tahun 1876, Porfio Diaz mengambil alih kekuasaan & berhasil memonopoli kekuasaan politik lebih dari 30 tahun berikutnya yang kemudian menjadi penyebab utama revolusi pada  1910. Revolusi 1910 dipimpin Francisco i Madero, dia bukan seorang yang membela perubahan sosial maupun terjadinya perubahan total. Victoriano Huerta dengan mendapat dukungan kelompok konservatif, jenderal lain, berhasil menggulingkan Madero. Petani melanjutkan revolusi mulai 1910 & Pancho Vila & Emilio Zapata menjadi 2 tokoh kunci yang menggambarkan perjuangan melawan Huerta. Huerta dikalahkan & kendali jatuh ke tangan Venustiano Carranza, yaitu seorang tuan tanah kaya yang mendukung Madero. Perang saudara pecah di dalam kelompoknya & Vila berada di utara & Zapata di selatan. Pemberontakan rakyat dipadamkan pada 1920.

Sebuah partai baru yaitu  PNR, kemudian menggabungkan kekuatan, & tekanan pada 1930 menyebabkan sebuah pembalikan reformasi tanah & meningkatkan kesenjangan antara yang miskin & kaya. PNR (sekarang ini PRI) telah menguasai Meksiko sejak itu dengan sebuah sistem khusus yaitu satu partai.

Pada 1968 sebuah pemberontakan mahasiswa besar-besaran pecah & PRI adalah partai yang menjadi, tidak berbeda bagi rakyat yang tertindas. Pada 1 Januari 1994, EZLN, yaitu sebuah organisasi revolusioner yang tidak dikenal, berhasil mengambil alih kekuasaan di sebagian Chiapas, selatan Meksiko, yang menyebut dirinya telah memperjuangkan perubahan yang dulu Zapata perjuangkan hingga akhirnya mati. Empat puluh ribu pasukan pemerintah  mengepung kelompok revolusioner, & Pemerintah Meksiko dengan ekstrim lagi ditekan demi terjadinya perubahan. Perjuangan penduduk pribumi & rakyat yang  tertindas Meksiko belum pernah berhenti & EZLN telah menangkap bayangannya & berhasil memenangkan banyak dukungan. 

Suku aztec 1325, Mexico City yang saat ini menjadi ibukota Meksiko, dibangun oleh raja terakhir yaitu Dinasti Aztec. Aztec adalah salah satu di antara suku-suku bangsa kulit merah Amerika Selatan yang datang ke Meksiko abad ke-12. Kehidupan bangsa Aztec berpusat pada pertanian. Namun pada abad ke-16, bangsa Spanyol datang ke Meksiko guna / untuk menancapkan imperialismenya di kawasan itu. Dan Bangsa Aztec melakukan perlawanan & terjadilah pertempuran di antara keduanya & akhirnya dimenangkan oleh bangsa Spanyol. Sejak saat itu, jutaan orang Spanyol berdatangan ke Meksiko & tinggal disana, sementara bangsa Aztec justru tersingkir & akhirnya punah.

Kaum Aztek / Aztec adalah orang Amerika Tengah (yaitu dari sentral Meksiko) yang kaya raya dengan warisan mitologi & kebudayaan. Dalam bahasa Nahuatl, yaitu bahasa suku Aztek, ‘Aztek’ berarti seseorang yang berasal dari ‘Aztlán’. Kaum Aztek juga menyebut diri mereka sebagai Mehika / Meshika / Mexica, asal nama ‘Meksiko’. Penggunaan nama ‘Aztek’ sebagai istilah yang merujuk kepada mereka yang mempunyai ekonomi, agama, adat, & bahasa Mexica diawali oleh Alexander von Humboldt.


Legenda
Aztek merupakan salah satu dari beberapa kebudayaan, yang disebut secara umum sebagai ‘nahuas’ mengikut bahasa mereka. Ketika kaum Aztek sampai ke lembah Anahuac, kaum ini dianggap oleh nahuas lain sebagai yang paling tidak berperadaban, jadi mereka memutuskan untuk belajar, & mengambil dari kaum- kaum lain, mereka banyak belajar dari Toltec tua (yang sering dikelirukan serta dihubungkan kebudayaan Teotihuacan yang lebih tua). Kaum Aztek menggabungkan beberapa tradisi dicampurkan dengan tradisi yang mereka miliki. Karena itu mereka memiliki beberapa mitos penciptaan, satu darinya menggambarkan 4 era sebelum dunia saat ini, kesemuanya berakhir dengan malapetaka. Era ke-5 akan kekal disebabkan pengorbanan hero kepada matahari. Dongeng tersebut dikaitkan dengan kota tua yakni Teotihuacan, yang telah musnah ketika kaum Aztek tiba. Mitos yang lain menggambarkan dunia sebagai ciptaan dewa kembar, Tezcatlipoca & Quetzalcoatl. Tezcatlipoca kehilangan kakinya dalam proses ciptaan dunia & semua gambaran dewa menggambarkan Tezcatlipoca tanpa kaki & menampakkan tulang. Quetzalcoatl juga dikenali sebagai Tezcatlipoca Putih. Menurut legenda yang mereka percayai, mereka mengembara ke Lago de Texcoco di Meksiko Tengah dari suatu tempat di utara, yang dikenali dengan sebutan Aztlan, mereka dipandu oleh dewa mereka yaitu Huitzilopochtli. Ketika mereka tiba di sebuah pulau yang di tengah ada danau, mereka melihat burung elang yang sedang memakan seekor ular, yang bertengger di atas kaktus nopal,gambaran yang sesuai dengan yang telah di ramalan yang menyuruh mereka untuk membuat di pemukiman baru di situ, Kaum Aztek membuat kota mereka yang dikenal sebagai Tenochtitlan. Tempat itu, pada masa sekarang merupakan pusat Kota Meksiko (‘Mexico City’). Burung Elang legenda itu juga terdapat dalam bendera Meksiko.


Polusi Membuat Hancur sisa kebudayaan Pra-Aztec
Mexico City, Kilang-kilang minyak & pembangkit-pembangkit tenaga listrik yang memompa polutan udara asam ke arah pantai Teluk Meksiko telah mengancam kelestarian lukisan-lukisan dinding (mural) batu di reuntuhan kota El Tajin yang berasal dari era sebelum kemunculan suku Aztec.

Pakar polusi udara yang bernama Humberto Bravo seperti yang dikutip Reuters, Minggu [21 / 1] mengatakan, level asam dalam udara di sekitar El Tajin itu terletak di negara bagian penghasil minyak, dan Veracruz, merupakan salah satu yang tertinggi di Meksiko. Arsitektur El Tajin terkenal karena reliefnya yang sangat rumit, banyak yang menggambarkan permainan bola Mesoamerica kuno yang kadang-kadang dibandingkan dengan bola basket. Jika tidak ada tindakan, dalam 10, 20 atau 100, hieroglif itu akan hilang, kata Humberto Bravo yang berasal dari Universitas UNAM Meksiko. Humberto Bravo menghabiskan waktu bertahun-tahun guna menyimulasikan efek udara yang terkena polusi & hujan asam pada bangunan-bangunan granit lunak El Tajin. Dia menyebutkan, erosi pada zat-zat adalah penyebab kontaminasi seperti klorin, sulfat, & nitrat di udara dari pembangkit listrik & kilang minyak sebagai penyebabnya. Veracruz & negara-negara bagian tetangganya merupakan basis dari fasilitas - fasilitas minyak & pelabuhan yang sangat penting di Meksiko. Kota itu dibangun di kawasan pantai tropis Veracruz oleh peradaban Totonac pada puncak kejayaannya mulai abad ke-9 hingga abad ke-13. Suku Aztecs, yang berhasil menguasai Meksiko ketika orang-orang Spanyol datang, berada pada puncak kejayaan pada abad ke-13 & 14.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel