Beberapa Tips Mudah Merawat Motor Matic Agar Awet Dan Tahan Lama Yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa Tips Mudah Merawat Motor Matic Agar Awet Dan Tahan Lama Yang Perlu Anda Ketahui
Di indonesia khususnya pengguna motor matic mungkin sudah banyak ,baik itu kaum adam maupun hawa yang mengendarai motor matic. Perawatan Motor matic sebenarnya tidak jauh berbeda dengan motor bebek 4 tak. Motor matic memang butuh perawatan khusus dari pemilikinya terlebih sekarang motor matic sudah banyak menggunakan teknologi injeksi yang dalam perawatanya membutuhkan tenaga ekstra keras serta perawatanya tidak semudah menggunakan karburator.
Jika anda pengguna motor matic mungkin tips di bawah ini cara merawat motor matic bisa anda coba dan praktekan di rumah agar mesin motor tetep awet serta tahan lama.Sebenarnya tidak jauh beda dengan tips merawat motor 4 tak;

Beberapa Tips Mudah Merawat Motor Matic Agar Awet Dan Tahan Lama Yang Perlu Anda Ketahui
Motor Matic
Baiklah langsung saja, berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba praktekan di rumah , tips ini berasal dari kesimpulan berbagai sumber :

1.Panasi Motor terlebih dahulu sebelum digunakan untuk aktifitas.
Hal yang tidak wajar jika saat motor dibutuhkan anda langsung gas tanpa melakukan pemanasan pada mesin motor.Coba biasakan sebelum motor digunakan anda panasi terlebih dahulu mesin motor anda , agar oli keseluruhan bisa tercampur merata di dalam mesin sehingga performance motor bisa maksimal.Untuk melakukan pemanasan mesin cukup menghidupkan selama 5 atapun 10 Menit.

2.Jangan Sering Mengubah Kecepatan Laju Secara Mendadak
Bagi kalangan anak mudah kebut kebutan adalah hal yang wajar , karena andrenalin anak muda itu biasanya membara , kenapa? ya hal tersebut dulu waktu saya pulang sekolah SMA , mulai keluar pintu gerbang langsung tancap gas mentok sambil melakukan transmisi gigi, terus rem mendadak dan gas lagi. Usahakan untuk saat ini anda menggunakan motor matic jangan biasakan dalam kecepatan kecang kemudian tiba- tiba mengerem mendadak & menarik gas lagi hingga kencang & mengerem lagi hal tersebut membuat mesin motor matic anda cepet rusak.

3.Selalu Cek Bahan Bakar (Bensin)
Beberapa orang saat bensin mau habis baru melakukan pengisian ,ada  yang lebih parah lagi ,sampai motor tidak bisa di jalankan baru di isi bahan bakarnya (bensin). Hal tersebut jangan sampai terulang kembali ya, usahakan jarum penunjuk bahan bakar jangan sampai di posisi E / empty apa lagi lewat dari huruf E di info speedometer motor anda. Usahakan untuk selalu mengisi bensin motor anda jangan sampai tangki bahan bakar motor anda kosong.

4.Rutin dalam mengganti oli motor matic anda
Bagi anda yang mempunyai motor matic usahakan rutin mengganti oli motor .Untuk jadwal pergantian oli motor itu dilakukan setiap 1000 KM & untuk pergantian oli transmisi motor maksimal ketika sudah mencapai 5000 KM.

5.Periksa Kondisi Aki serta Busi
2 komponen motor ini harus tetep di jaga agar performance motor tetep stabil serta agar tidak mudah mogok saat berkendara baik perjalanan jauh / pendek. Busi yang dalam kondisi prima pada motor sangat berguna untuk motor matic agar tetap melaju dengan kecang. Jika komponen aki dan busi tidak berfungsi sebagai mestinya maka segera ganti dengan yang baru usahakan dari bengkel yang resmi.

6.Periksa Roler & Ventbelt.
Jika pada motor bebek maka yang di check adalah rantai motor & gear sedangkan motor metic anda harus melakukan pengecekan roler & ventbelt.Jika saat anda check & sudah dalam keadaan tidak layak pakai tentu anda bisa usahakan untuk menggantinya dengan yang baru kalau bisa standard (original)

7.Ganti Oli Shockbreaker.
Perlu diketahui Oli juga bukan hanya terdapat pada mesin motor , tetapi oli juga terdapat pada shockbreaker, hal ini juga perlu adanya pergantian tujuannya agar shock motor tetap berfungsi sebagai mana mestinya. Perlu diketahui untuk pergantian sendiri Shock Motor bisa diganti setiap motor mencapai 10000KM.

8.Gunakan Bensin Berkualitas.
Tidak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin  oplosan / campuran , meskipun demikian tidak banyak tapi anda perlu berhati- hati. Kualitas bensin sangatlah mempengaruhi kualitas mesin motor anda, sebaiknya untuk mengisi bensin motor carilah tepat yang dikelola oleh pemerintah (POM) / tempat tempat penjual bensin yang memang sudah anda percaya. Apabila yang di jual bensin murni, motor akan aman namun sebaliknya jika bukan bensin murni tentu akan mengakibatkan bahaya bagi motor kita.

Demikian Tips yang bisa kami sampaikan. Jika anda terus melakukan perawatan dengan baik maka motor matic yang anda miliki akan lebih terjamin awetnya .Semoga bermanfaat & terima kasih sudah berkunjung di Readyygo.blogspot.com jangan lupa untuk bagikan melalui facebook,twitter serta google+

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel