Dampak Dari Situasi Eropa Terhadap Kolonialisme di Indonesia

Selamat datang di blog ReadyyGo yang selalu berusaha menyediakan artikel-artikel yang bermanfaat guna menambah pengetahuan, para pembaca ataupun para pengunjung yang senantiasa berkunjung diblog ini. Kali ini ReadyyGo akan membahas tentang "Dampak dari Situasi Eropa terhadap Perkembangan Kolonialisme Barat di Indonesia"-  Kolonialisme adalah suatu bentuk penjajahan atau penguasaan yang dilakukan oleh suatu negara (kolonialis), terhadap suatu bangsa atau daerah lain dalam rangka memperluas wilayah kekuasaannya, serta ditandai dengan adanya penguasaan suatu daerah, kemudian disusul dengan pemindahan penduduk dari negara kolonial ke wilayah yang telah dikuasainya. Mulai dari abad ke-15, proses kolonialisme dilakukan oleh bangsa-bangsa Eropa (Bangsa Barat) dipusatkan ke suatu kawasan yang disebut Dunia Timur.

Proses kolonialisme bangsa barat yang dipusatkan pada Dunia Timur, khususnya Kepulauan Indonesia pada dasarnya tidak bisa dilepaskan dari kondisi sosial,  politik, dan Ekonomi yang terjadi di Dunia Barat waktu itu. Kebutuhan akan rempah-rempahlah yang menjadi alasan serta mendorong pencarian daerah-daerah utama penghasil rempah-rempah dan semangat untuk menyebarkan agama Nasrani menjadi pendorong kuat pencarian maupun penaklukan daerah-daerah baru (Reconquista). Di sisi lain, terdapat pula persoalan yang tak bisa diabaikan keberadaannya terkait perkembangan kolonialisme Eropa, yakni di saat jatuhnya Konstantinopel sebagai Ibu Kota Romawi Timur ke tangan penguasa Kerajaan Turki Usmani pada tahun 1453. Dengan jatuhnya Konstantinopel sebagai satu-satunya jalur perdagangan ke Dunia Timur saat itu, maka pengaruh perdagangan di sekitar Laut Tengah dan Asia Barat pada akhirnya dikuasai oleh bangsa Turki. Pada waktu itu pula, banyak para pedagang Eropa yang merasa dirugikan oleh peraturan-peraturan dagang yang diberlakukan oleh bangsa Turki. Kondisi demikian ini, akhirnya mendorong pedagang-pedagang Eropa untuk menempuhi jalan sendiri menuju Dunia Timur dan berharap nantinya bisa mendapatkan barang-barang dagangan, termasuk rempah-rempah yang laku dan sangat dibutuhkan di pasaran Eropa.

Demikianlah ulasan yang begitu singkat terkait tentang Dampak dari Situasi Eropa terhadap Perkembangan Kolonialisme di Indonesia, yang dapat Readyygo sampaikan dan kurang lebih mohon maaf serta jangan ragu untuk membaca artikel lainnya yang tersedia di Blog ini serta terimakasih sudah berkunjung!

0 Response to "Dampak Dari Situasi Eropa Terhadap Kolonialisme di Indonesia"

Posting Komentar

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.