Lingkungan Alam dan Buatan Beserta Manfaatnya

Selamat datang di blog Readyygo, yang selalu mengulas berbagai pengetahuan untuk anda simak, dan pahami. Sesuai dengan judul, kali ini Readyygo akan membantu anda dalam memahami lingkungan alam dan buatan, maka untuk lebih jelasnya simaklah ulasan dibawah ini.

Lingkungan Alam dan Buatan Beserta Manfaatnya
A.Lingkungan Alam dan Buatan
1.Kenampakan Alam
Semua yang ada di alam dan yang tidak diciptakan oleh manusia dinamakan kenampakan alam. Kenampakan alam adalah ciptaan Tuhan. Kenampakan alam antara lain: pegunungan, gunung, sungai, danau, bukit, hutan alam, teluk, ujung atau tanjung, dataran rendah, dataran tinggi, pulau, laut, dst.

2.Kenampakan Buatan
Kenampakan buatan diciptakan oleh manusia. Contoh kenampakan buatan antara lain sebagai berikut:
a)Berhubungan dengan alam: Waduk, tambak, sawah, ladang, kebun buah maupun sayur, perkebunan, hutan buatan, dan tempat wisata.
b)Berhubungan dengan bangunan: saluran irigasi, jalan, jembatan, gedung, kantor, pabrik, bandar udara, pelabuhan, terminal, rumah di desa ataupun di kota, pasar, rumah sakit, dan sekolah.


B.Manfaat Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan bagi Kehidupan
1.Manfaat Kenampakan Alam, misalnya:
a)Gunung; merupakan gundukan tanh di permukaan bumi yang tinggi. Dilerang gunung tumbuh berbagai jenis tumbuhan yang menyerap air hujan. Air hujan disimpan di dalam tanah. Abu gunung berapi menyuburkan tanah.

b)Sungai; bagi petani sungai digunakan untuk mengairi sawah dengan dibuat bendungan. Sungai-sungai besar di Sumatera dan Kalimantan digunakan sebagai sarana perhubungan. Sungai juga merupakan tempat untuk memelihara ikan.

c)Laut; tempat hidup berbagai jenis ikan. Di laut para nelayan mencari ikan. Laut juga dimanfaatkan sebagai sarana perhubungan bagi kapal besar yang menghubungkan pulau yang satu dengan yang lain.
d)Danau; genangan air yang luas yang terdapat di tengah dataran. Danau dimanfaatkan untuk keperluan irigasi, rekreasi, mandi, perikanan dan pelayaran.


2.Manfaat Kenampakan Buatan
Kenampakan buatan sengaja dibuat oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
a)Rumah
Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia. Rumah merupakan tempat berteduh dari panas, dingin,dan hujan. Rumah merupakan tempat tinggal dan tempat berkumpulnya anggota keluarga. Rumah juga sebagai tempat berlindung dari segala gangguan baik binatang buas maupun gangguan keamanan.

b)Hutan buatan
Hutan tumbuh di daerah pegunungan. Hasil utamanya kayu yang dimanfaatkan untuk bahan bangunan, kayu bakar, dan bahan untuk membuat alat-alat rumah tangga.

c)Jalan raya dan jembatan
Jalan raya dan jembatan dimanfaatkan untuk transportasi darat.

d)Waduk dan bendungan
Terbentuknya sungai di area yang luas dinamakan waduk atau bendungan. Waduk dimanfaatkan untuk mengairi sawah, tempat memelihara ikan, dan rekreasi. Waduk juga dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

e)Sawah dan Kebun
Sawah dimanfaatkan oleh petani untuk menanam padi. Kebun dimanfaatkan untuk menanam sayur mayur seperti; bayam, sawi, kangkung dan wortel. Kebun juga dimanfaatkan untuk menanam singkong dan ubi.

f)Pelabuhan
Tempat berhentinya kapal laut disebut pelabuhan. Pelabuhan terletak di tepi laut atau pantai. Pelabuhan merupaka tempat untuk menaikan dan menurunkan muatan kapal, baik orang maupun barang.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat artikel Lingkungan Alam dan Buatan ini. Dan silakan baca artikel lainnya di blog Readyygo ini.

0 Response to "Lingkungan Alam dan Buatan Beserta Manfaatnya"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel