Penyebab Utama Kematian di Seluruh Dunia

Di seluruh dunia, orang hidup lebih lama. Tapi sementara kematian secara keseluruhan dari penyakit menular dan kelahiran prematur menurun, kematian akibat penyakit jantung, konflik dan terorisme terus meningkat, menurut sebuah laporan baru. Laporan tersebut, yang disebut studi Penyakit Beban Global, meneliti keadaan kesehatan dunia dengan memperkirakan rata-rata harapan hidup serta jumlah kematian, penyakit dan luka akibat lebih dari 300 penyebab. Laporan tersebut menemukan bahwa saat ini, rata-rata harapan hidup global adalah 72,5 tahun (75,3 tahun untuk wanita dan 69,8 tahun untuk pria.) Itu naik dari harapan hidup rata-rata 65,1 tahun pada tahun 1990 dan 58,4 tahun pada tahun 1970, kata laporan tersebut. Jepang memiliki harapan hidup tertinggi pada 2016, pada 83,9 tahun, sementara Republik Afrika Tengah paling rendah, pada 50,2 tahun. 
Penyebab Utama Kematian di Seluruh Dunia
Secara keseluruhan, ada 54,7 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2016. Hampir tiga perempat (72,3 persen) dari kematian tersebut berasal dari apa yang disebut "penyakit yang tidak dapat dikomunikasikan," atau penyakit yang tidak dapat diteruskan dari orang ke orang, termasuk penyakit jantung, stroke dan kanker. Sekitar 19 persen kematian pada tahun 2016 berasal dari penyakit menular, penyakit ibu (yang terjadi saat kehamilan dan persalinan), penyakit neonatal (yang terjadi sekitar masa bayi baru lahir) dan penyakit nutrisi (termasuk kekurangan nutrisi); sekitar 8 persen kematian berasal dari luka-luka.

Dari tahun 2006 sampai 2016, jumlah kematian akibat penyakit menular, maternal, neonatal dan gizi (yang peneliti sebut "CMNN") menurun hampir 24 persen. Secara khusus, ada kemajuan substansial dalam mengurangi kematian di antara anak-anak di bawah usia 5 tahun, yang sering meninggal karena infeksi pernafasan atau komplikasi sejak lahir dini, kata laporan tersebut. Pada 2016, jumlah kematian di kalangan anak di bawah usia 5 tahun turun di bawah 5 juta untuk pertama kalinya dalam sejarah modern - turun dari 11 juta kematian pada tahun 1990 dan 16,4 juta kematian pada tahun 1970, kata periset tersebut. Kematian akibat HIV / AIDS di kalangan anak-anak dan orang dewasa juga menurun, sebesar 46 persen sejak 2006, dan kematian akibat malaria telah menurun sebesar 26 persen sejak 2006.

Namun, jumlah kematian akibat penyakit tidak menentu meningkat sebesar 16 persen dari tahun 2006 sampai 2016, yang berarti ada tambahan 5,5 juta kematian dari kondisi ini pada tahun 2016 dibandingkan dengan 10 tahun sebelumnya. Penyakit jantung iskemik adalah penyebab utama kematian, yang mengakibatkan hampir 9,5 juta kematian pada tahun 2016, meningkat 19 persen sejak 2006. Diabetes juga menyebabkan 1,4 juta kematian pada tahun 2016, meningkat 31 persen sejak 2006. Meskipun tingkat kematian (yang memperhitungkan jumlah total orang di seluruh dunia) dari penyakit yang tidak dapat dikomunikasikan menurun dari tahun 2006 sampai 2016, tingkat kematiannya tidak menurun sama sekali dari CMNN. (Selama periode 10 tahun, tingkat kematian dari CMNN menurun 32 persen, sementara tingkat kematian akibat penyakit tidak menular hanya turun 12 persen, kata studi tersebut.)

"Pola kesehatan global berubah dengan jelas, dengan penurunan kondisi CMNN yang lebih cepat dari pada penyakit dan luka lainnya," para peneliti menulis dalam jurnal The Lancet edisi 14 September. Meskipun pengurangan kematian CMNN "dapat dipuji," temuan tersebut menunjukkan bahwa penyakit yang tidak dapat dikomunikasikan, "yang menyebabkan kematian sangat besar pada orang dewasa muda dan setengah baya, perlu mendapat prioritas kebijakan yang jauh lebih besar," kata periset tersebut. Selain itu, sejak tahun 2006, jumlah kematian akibat konflik dan terorisme telah meningkat secara signifikan, mencapai 150.500 kematian pada tahun 2016 (meningkat 143 persen sejak 2006), kata periset tersebut. Kenaikan ini sebagian besar merupakan hasil konflik di Afrika Utara dan Timur Tengah, kata para ilmuwan. Tingkat kematian juga meningkat untuk penggunaan opioid, penggunaan amfetamin dan gangguan penggunaan obat lainnya di beberapa lokasi - terutama di negara-negara berpenghasilan tinggi, kata periset. Secara keseluruhan, 1,1 miliar orang di seluruh dunia memiliki beberapa jenis gangguan kesehatan mental atau penggunaan zat, laporan tersebut menemukan.

"Temuan kami menunjukkan orang-orang hidup lebih lama dan, dalam dekade terakhir, kami mengidentifikasi kemajuan substansial dalam menurunkan tingkat kematian dari beberapa penyakit dan kondisi paling merusak di dunia, seperti angka kematian dan malaria di bawah umur 5 tahun," Dr. Christopher Murray, rekan penulis laporan dan direktur Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) di University of Washington di Seattle, mengatakan dalam sebuah pernyataan. "Namun, terlepas dari kemajuan ini, kita menghadapi 'tiga serangkai masalah' yang menahan banyak negara dan masyarakat - obesitas, konflik, dan penyakit jiwa, termasuk gangguan penggunaan zat." Studi ini dikoordinasikan oleh IHME dan melibatkan lebih dari 2.500 kolaborator dari 130 negara dan wilayah.

Demikianlah ulasan yang pada kesempatan ini dapat disampaikan, dan untuk kurang/lebihnya mohon maaf. Terima Kasih sudah menyempatkan diri untuk membaca ulasan di atas, dan sampai jumpa!

0 Response to "Penyebab Utama Kematian di Seluruh Dunia"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel