Perjanjian Linggarjati dan Agresi Militer Belanda

Selamat datang di ReadyyGo sahabat, pada kesempatan kali ini ReadyyGo akan mengulas tentang "Perjanjian Linggarjati dan Agresi Militer Belanda", dan untuk penjelasannya simaklah ulasan di bawah ini.
Tanggal 15 November 1946, Pemerintah Belanda dan Pemerintahan RI mengumumkan sebuah persetujuan yang dihasilkan melalui perundingan di Linggarjati. Perjanjian pertama yang dicapai RI dan Belanda yakni menetapkan;
  1. Pemerintahan RI dan Belanda bersama-sama menyelenggarakan berdirinya sebuah negara federal yang dinamakan Negara Indonesia Serikat (NIS). [Menurut Perjanjian Linggarjati, NIS hanya akan terdiri dari RI, NIT dan Kalimantan. Dalam perjalanan selanjutnya, untuk memperlemah RI, Belanda membentuk tidak kurang dari 15 negara boneka yang tergabung ke dalam NIS.]
  2. NIS akan bekerja sama dengan Pemerintah Kerajaan Belanda untuk membentuk sebuah uni Indonesia Belanda.
    Perjanjian Linggarjati dan Agresi Militer Belanda
Selanjutnya dalam perkembangan politik, Belanda secara konstan berupaya melemahkan RI dengan membentuk negara-negara bagian tanpa mengenal batas, dan melakukan tindakan-tindakan agresi terhadap RI dengan mengatasnamakannya sebagai aksi polisionil. Agresi pertama dilakukan pada tengah malam 20 Juli 1947, dengan maksud menduduki Jawa Barat, tidak termasuk Banten, Madura, ujung Jawa Timur, serta daerah-daerah sekitar Semarang, Medan dan Palembang. Secara Praktis, agresi tidak menguntungkan Belanda. PBB akhirnya menghentikan agresi tersebut dan membentuk komisi untuk melerai pertikaian antara RI dengan Belanda.

Dan dalam suratnya yang tertanggal 1 Agustus 1947, yang ditujukan kepada van Mook, Presiden NIT, Sukawati, merespon agresi itu dengan meminta pemerintah Belanda untuk melaksanakan secara konkret ketentuan-ketentuan yang termaktub dalam Perjanjian Linggarjati.

Demikianlah ulasan singkat mengenai “Perjanjian Linggarjati dan Agresi Militer Belanda” yang pada kesempatan kali ini dapat ReadyyGo bahas, dan untuk kurang/lebihnya mohon maaf. ReadyyGo selalu menanti kritik dan saran agar dalam penulisan kedepannya akan jauh lebih baik. Semoga ulasan di atas bermanfaat, dan terima kasih anda telah menyempatkan diri untuk berkunjung ataupun membaca ulasan yang tertera di atas. Sampai jumpa dan semoga anda Sukses!

1 Response to "Perjanjian Linggarjati dan Agresi Militer Belanda"

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel