Layanan Referensi
Konsep Layanan Referensi:
layanan referensi merupakan bagian layanan perpustakaan yang secara langsung berhubungan dengan pembaca dalam memberikan informasi dan penggunaan perpustakaan untuk kepentingan riset & studi.
Fungsi Layanan Referensi,
yaitu agar pelayanan informasi dapat berjalan dengan baik, khususnya sebagai
petugas sangat perlu memahami terlebih dahulu fungsi-fungsi referensi
diantaranya adalah :
>Fungsi Informasi; Untuk memberikan informasi kepada
pengunjung yaitu, memberikan jawaban pertanyaan singkat maupun penelusuran
informasi yang luas serta detail sesuai
kebutuhan pemakai.
> Fungsi
Bimbingan; Petugas referensi harus menyediakan waktu guna memberikan bimbingan
kepada pengguna perpustakaan untuk menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan.
> Fungsi
Intruksi; Sebagai cara untuk memperkenalkan kepada pemakai tentang bagaimana
menggunakan perpustakaan yang baik, serta usaha untuk menggairahkan dan
meningkatkan penggunaan perpustakaan.
>Fungsi Supervisi; Yaitu melakukan pengawasan terhadap pengawasan
terhadap pengaturan personil, koleksi , ruangan , tata tertib, jam layanan,
dsb.
>Fungsi bibliografis; Petugas referensi perlu secara teratur
menyusun daftar bacaan / bibliografi untuk keperluan penelitian / mengenal
bacaan yang baik dan menarik
>Fungsi Evaluasi; Yaitu merupakan upaya evaluasi
terhadap sumber – sumber reverensi.
Jenis-jenis koleksi referensi
a)Kamus
Kamus merupakan bahan rujukan yang berisi kata-kata
disertai makna (arti) & disusun urut abjad, kadang-kadang dilengkapi dengan
cara pengejaan, penulisan
Etimologi (suku kata), sinonim (persamaan), antonim (lawan
kata), serta sintaksis (penggunakan dalam kalimat).
b)Ensiklopedi
Ensiklopedi merupakan bahan rujukan yang berisi uraian ringkas
tentang berbagai topik / subyek yang umum dengan disusun secara alfabetis,
kadang-kadang disertai deskripsi, definisi, dan informasi bibliografis.
c)Direktori
Direktori adalah buku petunjuk yang berisi daftar nama -
nama orang atau nama - nama organisasi yang disusun secara alfabetis dan
sistematis menurut subjek.
d)Almanak
Almanak disusun secara kronologis, berdasarkan waktu yang
umumnya memuat informasi mengenai ramalan-ramalan cuaca, data statistik
organisasi atau lembaga, dan catatan-catatan mengenai kejadian atau peristiwa
yang nyata dan bersifat mutakhir. Almanak adalah buku yang memuat informasi
tentang data atau statistik yang berkaitan dengan negara, kejadian, pejabat,
subjek dan kehidupannya.
e)Biografi
Arti dan tujuan Biografi ialah Menulis sejujur mungkin
riwayat hidup seseorang dari lahir sampai saatnya meninggal dan
didalamnya diungkapkan bermacam - macam aspek, sifat, pribadi, serta pandangan
hidupnya.
f )Buku statistik
Buku yang berisi sumber informasi siap pakai dalam bidang
pengetahuan tertentu.
g)Sumber geografi
Sumber geografi yang biasanya berupa peta / atlas.
h)Buku tahunan
Buku tahunan adalah terbitan tahunan, yang isinya mengulas
perkembangan dalam setahun, merekam informasi terbaru, dan disajikan dengan
bentuk model statistik.
i)Buku petunjuk
Buku petunjuk adalah terbitan, berisi petunjuk dan aturan
dari suatu subjek.
j)Buku pegangan
Buku pegangan (handbook) berisi informasi mengenai
petunjuk, identifikasi suatu masalah secara mendasar seperti tabel-tabel,
simbol, formula, dan istilah / suatu subjek yang digunakan sebagai acuan / yang
dibahasnya.
k)Bibliografi
Bibliografi adalah daftar buku atau bahan cetak yang pernah
ditulis / diterbitkan.
l)Indeks
Indeks adalah buku yang menunjukan lokasi suatu artikel
yang ditulis oleh seseorang.
m)Sumber Elektroniks
Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan sumber
referensi tidak hanya berupa buku atau bahan tertulis, tetapi dapat juga dengan
internet.
Jenis Jasa
Layanan Referensi
Secara garis besar layanan referensi dapat digolongkan
menjadi tiga bagian sebagai berikut.
1)Jasa Dasar
Jasa ini merupakan layanan yang wajib dilaksanakan oleh setiap
perpustakaan yang meliputi lima hal
yaitu; memberikan informasi umum, penyediaan informasi khusus yang meliputi
bimbingan cara menggunakan koleksi yang ada di perpustakaan, bantuan menggunakan
katalog, bantuan menelusuri dokumen, serta bimbingan menggunakan buku
referensi.
2)Jasa Yang Lazim
Dilakukan;
<>Jasa pinjam antar perpustakaan
Jasa ini dilaksanakaan apabila ada keterbatasan
perpustakaan dalam hal ruangan serta dana yang tersedia.
<>Koleksi tandon
Umumnya, koleksi tandon hanya untuk dibaca di tempat dan
disediakan beberapa kopi per judul yang disajikan menurut kebutuhan.
<>Pendidikan pemakai
Dilakukan dengan tujuan memperkenalkan kepada pengguna cara
menemukan koleksi buku atau bahan pustaka yang di cari dengan cepat.
<>Kunjungan perpustakan
Umumnya dilakukan secara berkelompok, baik oleh para
mahasiswa, pelajar, peserta kursus, dll.
<>Menyelenggarakan pameran
Dilaksanakan dengan memamerkan / menampilkan bahan pustaka
yang baru ataupun dengan tema tertentu.
<>Jasa bimbingan pembaca
Berkaitan dengan bimbingan bacaan bagi perseorangan
mengenai apa yang baik dibaca.
<>Memberi izin sementara bagi pemakai bukan anggota
<>Membantu penerbitan perpustakaan
<>Jasa pengindeksan dan abstrak
<>Kompilasi bibliografi
<>Pembuatan guntingan ( kliping )
<>Pembuatan jajaran vertikal berisi pamflet,
prospektus, brosur, dan lain - lain.
Jasa Yang Jarang
Dilakukan;
<>Jasa terjemahan
Layanan ini biasanya / kadang-kadang disediakan oleh
perpustakaan instansi BUMN ataupun swasta yang bonafide.
<>Jasa referal
Jasa ini merupakan tugas yang utama, akan tetapi jarang
dilaksanakan karena tugas yang berat bagi petugas referensi ( pustakawan ).
Pertanyaan
Referensi
<Bersifat bimbingan ( direction )
Jenis layanan seperti ini masih membutuhkan bimbingan dari
petugas perpustakaan atau pustakawan.
<Ready reference
Jenis pertanyaan referensi seperti ini tidak memerkukan
analisis atau bimbingan dari petugas perpustakaan. Pertanyaan dari pemakai
cukup dijawab dengan satu sumber yang sudah pasti dan siap pakai.
<Penelusuran ( Search )
Jenis pertanyaan referensi seperti ini masih memerlukan
penelusuran dan biasanya pertanyaan memerlukan anaisis tertentu. Jika ada
pemakai menghendaki jawaban yang lebih rinci, petugas referens harus mencari
sumber informasi lain sesuai dengan yang dibutuhkan.
Berikut ini unsur layanan referensi.
>Petugas
Permintaan informasi biasanya sangat bervariasi dan
memerlukan jawaban yang cepat dan tepat.
>Sarana dan prasarana
Fasilitas sarana sebaiknya mengikuti perkembangan
teknologi. Sebaiknya perpustakaan menyediakan ruangan khusus, dan terpisah
untuk layanan referensi. Meja informasi diletak sebaik mungkin, dan diusahakan
mudah dilihat, agar dapat digunakan untuk mengawasi ruangan koleksi, serta
pemakai secara menyeluruh. Ruangan ditata, sebaik mungkin agar para pemakai
merasa nyaman dan damai.
>Pemakai
Latar belakang pendidikan dan pekerjaan pemakai
perpustakaan perlu diketahui untuk mendapat gambaran kebutuhan informasi dan
kemampuan mereka dalam mencari sumber referensi.
>Pertanyaan referensi
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER