Perkembangan IPTEK di Indonesia

Selamat datang di ReadyyGo yang selalu berusaha menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua yang mau memanfaatkannya. Pada kesempatan kali ini ReadyyGo akan sedikit mengulas tentang Perkembangan IPTEK di Indonesia & simaklah ulasan berikut;
Perkembangan IPTEK di Indonesia
Perkembangan IPTEK di Indonesia
Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dari barat di Indonesia membawa dampak bagi kemajuan negara Indonesia. Masyarakat di Indonesia mulai melakukan pergerakan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di sisi lain penggunaan ilmu pengetahuan & teknologi di indonesia juga membawa dampak bagi semangat juang bangsa Indonesia. Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan & teknologi modern untuk mencari informasi-informasi terkini mengenai keadaan dunia. Oleh sebab itu masyarakat Indonesia benar-benar merasa terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi. Di masa kolonial perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi belum begitu maksimal. Pemerintah koloniallah yang menjadi penyebab perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi di Indonesia. Pemerintah kolonial menghalangi akses-akses masuknya ilmu pengetahuan & teknologi dari barat ke Indonesia. Mereka pun melakukan pelarangan terhadap pendidikan bagi masyarakat Indonesia untuk mempelajari ilmu pengetahuan & teknologi. Akibat-nya Indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara di sekitarnya.

Secara keseluruhan penyebab lain dari ketertinggalan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan & teknologi adalah sbb :
  • Terbatasnya jumlah masyarakat Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi, 
  • Masyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan Iptek, 
  • Pemerintah Belanda & perusahaan-perusahaan yang berada di Indonesia untuk melakukan alih teknologi, 
  • Minimnya industrialisasi,
  • Kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat Indonesia sendiri. 

Kemudian setelah merdeka, perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi berkembang pesat di Negara Indonesia, hal ini sebabkan terbukanya akses-akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan & teknologi bagi masyarakat di Negara Indonesia. Kemerdekaan menciptakan keadilan & kemudahan dalam mengakses ilmu pengetahuan & teknologi bagi masyarakat di Indonesia.  Dengan bekal pengetahuan itu, selanjutnya masyarakat di Indonesia melakukan berbagai inovasi & eksperimen ilmu pengetahuan & teknologi guna mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Demikianlah ulasan yang pada kesempatan kali ini dapat disampaikan, cukup sekian & sampai jumpa serta semoga anda sukses!!!

0 Response to "Perkembangan IPTEK di Indonesia"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel