Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI

Setiap warga negara harus melakukan fungsi pertahanan, yakni berusaha mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, & keselamatan segenap bangsa dari segala macam ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa & negara.
Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI
Di bawah ini, beberapa sikap & perilaku mempertahankan NKRI;
  • Menaati peraturan. Melalu peraturan, Indonesia akan selamat dari kekacauan. Taat kepada undang-undang & peraturan yang berlaku bagi seluruh rakyat Indonesia. Peraturan berlaku baik untuk presiden maupun rakyat biasa, baik tua maupun muda, baik yang kaya maupun yang miskin, baik laki-laki maupun perempuan.
  • Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan, yakni kesamaan memiliki bangsa, bahasa persatuan, dan tanah air Indonesia, serta memiliki Pancasila, UUD 1945, dan Sang Saka Merah Putih. Kebersamaan bisa diwujudkan dalam bentuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.
  • Memiliki semangat persatuan yang berwawasan Nusantara, yakni semangat mewujudkan persatuan & kesatuan di segenap aspek kehidupan sosial, baik alamiah maupun aspek sosial yang menyangkut kehidupan bermasyarakat.
  • Menciptakan ketahanan nasional, yang artinya setiap warga negara menjaga keutuhan, kedaulatan negara & mempererat persatuan bangsa.
  • Menjaga wilayah & kekayaan tanah air Indonesia, yang artinya menjaga seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.
  • Menghormati perbedaan suku, budaya, agama, & warna kulit. Perbedaan yang ada akan menjadi indah jika terjadi kerukunan, bahkan menjadi sebuah kebanggaan karena merupakan salah satu kekayaan bangsa.

Diposkan oleh author:  Senin, '30 Apr 2001'

0 Response to "Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel