IGGI ( Intergovermental Group On Indonesia ) 1967

IGGI adalah kelompok internasional yang didirikan oleh Belanda pada tahun 1967 & bertujuan untuk mengkoordinasikan dana bantuan multilateral kepada Indonesia. Pertemuan pertama IGGI diadakan di Amsterdam pada tanggal 20 Februari 1967. Saat itu Indonesia diwakili oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Dari 1967 hingga 1974 IGGI melakukan dua kali pertemuan dalam setahun, namun sejak 1975 karena keadaan ekonomi membaik maka pertemuan hanya dilaksanakan sekali dalam setahun.
readyygo.blogspot.com
IGGI (Intergovernmental Group on Indonesia)
Adapun anggota IGGI selain belanda yaitu Bank Pembangunan Asia, UNDP, Dana Moneter Internasional, Bank Dunia, Australia, Belgia, Kanada, Britania Raya, Perancis, Italia, Jepang, Jerman, Selandia Baru, Amerika Serikat & Swiss. Bantuan Awal IGGI yaitu 60% pendanaan darinya dalam penyusunan Program Repelita (Rencana Lima Tahun Indonesia) tahun 1969 sampai dengan 1973.
Maret 1992, pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa bantuan dana dari IGGI akan ditolak jika masih dikuasai oleh belanda. Sehingga IGGI digantikan oleh CGI (Consultative Group on Indonesia).

Keputusan ini juga terjadi setelah Jan Pronk (ketua IGGI) yang mengecam tindakan Indonesia akan pembunuhan para pengunjuk rasa di Timor Timur (Pembantaian Santa Cruz / Insiden Dili) pada tahun 1991.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel