Suasana Belajar Aktif

Suasana Belajar Aktif-Pada kesempatan ini ReadyyGo, akan menjawab sebuah pertanyaan dari seorang sahabat yang bertanya Via Email dan pertanyaan tersebut, yaitu “Bagaimana suasana belajar aktif? Suasana belajar aktif adalah suasana yang dapat membuat siswa melakukan pengalaman, interaksi, komunikasi, dan refleksi.
Suasana Belajar Aktif
1. Pengalaman
Anak akan belajar banyak melalui berbuat & pengalaman dengan cara mengaktifkan lebih banyak indra dari pada hanya melalui mendengarkan. Mengenal ada benda tenggelam dan terapung dalam air, lebih mantap apabila dilakukan dengan mencoba sendiri dari pada hanya menerima penjelasan dari guru.

2. Interaksi
Belajar akan terjadi & meningkat kualitasnya, apabila terjadi dalam suatu interaksi dengan orang lain, misal; berdiskusi, saling bertanya & mempertanyakan, atau saling menjelaskan. Pada saat orang lain mempertanyakan pendapat kita/apa yang kita kerjakan, maka kita dapat terpacu untuk berfikir menguraikan lebih jelas lagi, sehingga kualitas pendapat menjadi lebih baik.

3. Komunikasi
Pengungkapan pikiran dan perasaan, baik lisan maupun tulis, merupakan kebutuhan setiap manusia dalam rangka mengungkapkan dirinya untuk mencapai kepuasan. Pengungkapan pikiran, baik dalam rangka mengemukakan gagasan sendiri maupun  menilai gagasan orang lain, akan memantapkan pemahaman seseorang tentang apa yang sedang dipikirkan/dipelajari.

4. Refleksi
Bila seseorang mengungkapkan gagasannya kepada orang lain & mendapat tanggapan, maka orang itu akan merenungkan kembali (refleksi) gagasannya itu. Kemudian, melakukan perbaikan, sehingga memiliki gagasan yang lebih mantap lagi.
Refleksi dapat terjadi sebagai akibat dari interaksi dan komunikasi. Umpan balik dari guru/siswa lain terhadap hasil kerja seorang siswa, berupa pertanyaan yang menantang, membuat siswa berfikir & terpacu untuk melakukan refleksi tentang apa yang sedang dipikirkan/dipelajari.

Jadi demikianlah ulasan yang pada kesempatan kali ini dapat ReadyyGo sampaikan, semoga bermanfaat, serta sahabat pembaca dapat memahami ulasan di atas. Terima kasih telah menyempatkan diri membaca & berkunjung. Sampai Jumpa dan semoga anda sukses!
*Belajarlah Dengan Rajin Demi Masa Depanmu!!!

1 Response to "Suasana Belajar Aktif"

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel