Persebaran Islam di Indonesia

Persebaran Islam di Indonesia

Sekitar abad ke 7 Masehi, agama Islam mulai masuk ke kawasan Indonesia. Daerah yang pertama kali menerima ajaran Islam yakni Samudra Pasai yang terletak di Pesisir Aceh Utara. Selain Samudra Pasai, Malaka pun menjadi salah satu daerah yang banyak dikunjungi para pedagang muslim. Malaka memiliki letak yang cukup stategis dalam hubungan pelayanan dan Pedagangan Asia Timur, Asia Selatan dan Asia Barat.
Persebaran Islam di Indonesia
Islam semakin berkembang ke berbagai daerah di Indonesia. Islam mulai tersebar ke wilayah Kalimantan Bara, Sumatera Selatan dan Pulau Jawa. sekitar tahun 1511, Malaka jatuh ke tangan Portugis yang membuat para pedagang lebih  memilih berpindah ke Aceh. Dari wilayah Aceh, mereka melakukan berbagai aktivitas perdagangan di sepanjang Pantai Barat Sumatera dan terus melewati Selat Sunda hingga di Pantai Utara Pulau Jawa. Hingga abad ke 18, ajaran Islam sudah semakin berkembang dan tersebar luas di berbagai kawasan di Indonesia, namun belum seluruh wilayah Indonesia yang menerima ajaran Islam.

Hal-hal yang turut menunjang proses penyebaran Islam di antaranya melalui perdagangan, pernikahan, pendidikan, politik, dan kebudayaan.
  • Melalui perdagangan, persebaran terjadi karena adanya interaksi antara pedagang-pedagang Islam dengan penduduk Indonesia. Atau sebaliknya, pedagang-pedagang Indonesia yang  melakukan kunjungan ke Arab.
  • Melalui pernikahan. Para pedagang Islam umumnya merupakan orang-orang kaya dan terpandang dengan budi bahasa yang santun dan jujur. Oleh sebab itu, penduduk setempat tertarik untuk menikahkan putri-putrinya dengan para pedagang muslim itu. Atau sebaliknya, para pedagang muslim yang menikahkan kerabat perempuannya dengan penguasa lokal. Karena pernikahan itu, maka terbentuklah keluarga Islam yang kemudian berkembang menjadi perkampungan muslim.
  • Penyebaran melalui cara pendidikan langsung, umumnya dilakukan oleh para ulama yang datang ke Indonesia untuk menyebarkan Islam. Para ulama itu kemudian mendirikan pesantren atau sekolah. Keberadaan pesantren dan sekolah pada akhirnya mengarahkan penduduk di kawasan itu untuk memeluk Islam.
  • Proses penyebaran Islam secara politis, umumnya melalui para penguasa. Karena mereka mempunyai pengaruh besar dalam masyarakat, maka keberadaannya sangat disegani oleh rakyat. Hal ini berakibat semakin luas pengaruh politiknya, semakin luas pula penyebaran pengaruh Islam.
  • Penyebaran Islam melalui cara kebudayaan, dilakukan oleh para tokoh dan seniman dengan menyisipkan ajaran dan nilai-nilai Islam dalam setiap pertunjukan kesenian. Dengan demikian Islam lebih mudah diterima, sekaligus memperkaya budaya masyarakat setempat.
Demikianlah ulasan mengenai Persebaran Islam di Indonesia, yang pada kesempatan kali ini dapat dibahas dengan singkat. Semoga bermanfaat bagi anda para pembaca dan untuk kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih anda telah berkunjung maupun membaca ulasan di atas.
*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!!!
*Semoga anda sukses!!!

0 Response to "Persebaran Islam di Indonesia"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel