Budaya Lokal dan Budaya Nasional

Budaya Lokal dan Budaya Nasional

Budaya Lokal
Budaya Lokal artinya kebudayaan yang tumbuh dan berkembang serta dimiliki dan diakui oleh masyarakat suku bangsa setempat. Budaya lokal tumbuh dan berkembang dalam suatu masyarakat suku atau daerah tertentu karena warisan turun temurun yang dilestarikan. Budaya daerah ini muncul saat penduduk suatu daerah telah memiliki pola pikir dan kehidupan sosial yang sama, sehingga itu menjadi suatu kebiasaan yang membedakan mereka dengan penduduk-penduduk yang lain.
Budaya lokal dan budaya nasional.png
Budaya daerah mulai terlihat berkembang di Indonesia pada zaman kerajaan-kerajaan terdahulu. Hal itu bisa dilihat dari cara hidup dan interaksi sosial yang dilakukan masing-masing masyarakat kerajaan di Indonesia yang berbeda satu sama lain. Setiap suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia mempunyai budaya yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Menurut pendapat para ahli terdapat kurang lebuh 200 sampai 250 suku bangsa yang terdapat di Indonesia.

Budaya Nasional
Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang berasal dari berbagai kebudayaan di daerah dan diakui sebagai identitas nasional. Oleh sebab itu proses perwujudan kebudayaan nasional perlu diintegrasikan dari unsur-unsur kebudayaan daerah. Dalam hal ini kebudayaan daerah berperan memperkaya kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional adalah gabungan dari budaya daerah yang berasal daerah yang ada  di negara itu. Itu dimaksudkan budaya daerah yang mengalami asimilasi dan alkulturasi dengan daerah lain di suatu negara akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan dari negara itu. Misalkan daerah satu dengan yang lain memang berbeda, namun jika bisa menyatukan perbedaan itu maka akan terjadi budaya nasional yang kuat yang bisa berlaku di semua daerah di negara itu walaupun tidak semuanya dan juga tidak mengesampingkan budaya daerah itu.

Budaya nasional memiliki 2 fungsi utama, yakni sebagai berikut;
  • Sebagai pedoman dalam membina persatuan dan kesatuan bangsa bagi masyarakat yang majemuk.
  • Sebagai pedoman dalam pengambilalihan ilmu dan teknologi modern.

Budaya Nasional Indonesia
Kebudayaan nasional Indonesia adalah berbagai ragam kebudayaan lokal yang ada di daerah yang dimiliki, dilaksanakan dan dilestarikan oleh suku bangsa yang ada di Indonesia serta diakui oleh seluruh bangsa Indonesia. Sehingga budaya nasional Indonesia mampu memberi makna bagi kehidupan berbangsa dan berkepribadian yang bisa dibanggakan sebagai identitas nasional. Contohnya Pancasila sebagai dasar negara, bahasa Indonesia dan lagu kebangsaan yang dicetuskan dalam Sumpah Pemuda 12 Oktober 1928 yang diikuti oleh seluruh pemuda berbagai daerah di Indonesia yang membulatkan tekad untuk menyatukan Indonesia dengan menyamakan pola pikir bahwa Indonesia memang berbeda budaya tiap daerahnya tetapi tetap dalam satu kesatuan Indonesia Raya dalam semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Terdapat 4 ketentuan arah dan tujuan pengembangan kebudayaan nasional Indonesia, yakni sebagai berikut;
  • Kebudayaan nasional merupakan perpaduan puncak-puncak kebudayaan daerah.
  • Kebudayaan nasional merupakan perwujudan hasil upaya dan tanggapan aktif masyarakat Indonesia.
  • Pengembangan kebudayaan nasional harus menuju ke arah kemajuan adab yang bisa mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Tidak menutup kemungkinan untuk menyerap unsur-unsur kebudayaan asing yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.
Demikianlah ulasan mengenai “Budaya Lokal dan Budaya Nasional”, yang pada kesempatan ini dapat dibahas dengan lancar dan semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi para pengunjung dan pembaca.

*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!
*Semoga anda sukses!

0 Response to "Budaya Lokal dan Budaya Nasional"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel