Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan
Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan
Psikologi pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang memperlajari tingkah laku yang terjadi dalam proses pendidikan. Pengertian tentang psikologi pendidikan akan lebih konkret, jika kita membahas tentang hal-hal apa saja yang dipelajari dalam psikologi pendidikan. Tiap-tiap buku yang membahas tentang psikologi berisikan pokok-pokok sajian yang berbeda-beda, namun inti isi penyajiannya tidak jauh berbeda.
Sejauh pengamatan penulis terhadap berbagai buku psikologi pendidikan, bahwa psikologi pendidikan meliputi pokok-pokok pembahasan sebagai berikut;
- Pengetahuan tentang “psikologi pendidikan”
- Pentingnya psikologi pendidikan
- Hereditas
- Lingkungan fisiologis
- Pertumbuhan dan perkembangan
- Sifat dan hakikat kejiwaan manusia
- Proses-proses tingkah laku
- Hakikat dan ruang lingkup belajar
- Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
- Prinsip-prinsip dan teori-teori belajar
- Pengukuran dan evaluasi hasil belajar
- Tranfer belajar atau latihan
- Teknik-teknik pengukuran dan evaluasi
- Statistik dasar
- Kesehatan mental
- Pendidikan watak
- Apabila psikologi pendidikan dalam metodologi pengajaran modern
Dari sejumlah pokok pembahasan psikologi pendidikan yang dikemukakan di atas, ternyata perihal belajar menjadi sentral pembahasan dalam psikologi pendidikan. Hal ini disebabkan, karena belajar mengajar merupakan perilaku inti dalam proses pendidikan di mana anak didik dan pendidik berinteraksi. Interaksi belajar mengajar ditunjang oleh beberapa faktor lain dalam pendidikan, antara lain; tujuan pendidikan, pendidik, anak didik, alat dan fasilitas pendidikan, metode mengajar, materi pelajaran, dan lingkungan. Psikologi pendidikan berusaha untuk mewujudkan tindakan psikologis yang tepat di dalam interaksi antar setiap faktor pendidikan itu.
Inti persoalan psikologis dalam proses pendidikan adalah terletak pada anak didik, sebab pendidikan pada hakikatnya adalah pelayanan bagi anak didik. Agar pelayanan itu mengubah tingkah laku anak didik ke arah perkembangan pribadi yang optimal, maka pelayanan itu hendaknya sesuai dengan sifat dan hakikat anak didik. Hal ini merupakan inti pembahasan dari psikologi pendidikan.
Demikianlah ulasan mengenai Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan, yang pada kesempatan ini dapat dibahas dengan lancar. Untuk kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat bagi para pengunjung dan pembaca. Cukup sekian dan sampai jumpa!
*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!
*Semoga anda sukses!
Source;
Buku catatan saat kuliah
SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER
0 Response to "Pokok-Pokok Pembahasan Psikologi Pendidikan"
Post a Comment
Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.
Terimakasih Atas Pengertiannya.