Usaha-Usaha Menanggulangi Pemanasan Global

Usaha-Usaha Menanggulangi Pemanasan Global

Beberapa cara dalam mengurangi, mencegah, mengatasi, dan menanggulangi dampak dari pemanasan global antara lain;
1. Mengubah Perilaku Pribadi
Tindakan yang lebih baik dalam mengatasi, mengurangi, dan pencegahan pemanasan global adalah dengan mengubah perilaku manusia, karena pemahaman tentang pemanasan global yang ditanamkan akan berdampak besar pada generasi mendatang. Berikut ini beberapa contoh perilaku yang bisa dilakukan dalam mengurangi, mencegah, dan mengatasi pemanasan global antara lain;
  • Menghemat listrik. Gas karbon dioksida dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil. Dengan begitu, apabila kita berhemat listrik maka secara tidak langsung kita mengurangi kadar karbon dioksida di atmosfer.
  • Memanam pohon. Karbon dioksida digunakan tanaman untuk berfotosintesis, maka penanaman pohon dalam jumlah banyak akan menjadi solusi untuk mengurangi jumlah karbon dioksida di atmosfer.
  • Mengurangi Penggunaan mobil. Mobil sebagai penyumbang sumber karbon dioksida terbesar di perkotaan, juga perlu diantisipasi dengan mengubah perilaku orang. Penggunaan mobil pribadi menjadi penyumbang karbon dioksida terbesar, apabila tidak ada pengaturan untuk mengurangi penggunaan mobil pribadi dengan baik. Oleh sebab itu, penggunaan transportasi umum yang menyangkut sekaligus banyak orang dapat mengurangi emisi karbon dioksida di udara.

2. Langkah Mencegah Pemanasan Global secara Kolektif
Upaya pencegahan pemanasan global juga bisa dilakukan secara bersama/kolektif. Beberapa langkah yang dapat dilakukan secara kolektif;

a. Menggunakan energi alternatif
penggunaan energi alternatif terbaru perlu dilakukan di Indonesia. Pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil yang diusahakan diganti dengan energi bersih, seperti sinar matahari, angin, air, biomassa, dan panas bumi. Sumber energi itu sebenarnya berlimpah di Indonesia, namum belum dimanfaatkan secara optimal.

b. Melestarikan Hutan
Usaha-Usaha Menanggulangi Pemanasan Global
Masyarakat dan pemerintah harus berupaya bersama dalam menjaga hutan dari bahaya kebakaran dan penebangan liar agar hutan tidak berkurang.

c. Menghapus Penggunaan CFC
untuk menghentikan penggunaan CFC, maka kita harus ada usaha mencari penggantinya. Misalnya menggunakan Hydrocarbon Refrigerant sebagai bahan pendingin alternatif pengganti freon.

d. Memperbaiki Kualitas Kendaraan dengan Uji Emisi
Uji emisi diperlukan dalam mengetahui kondisi kendaraan apakan prima/sebaliknya. Kendaraan yang  memiliki kondisi prima akan menghasilkan gas karbon dioksida lebih sedikit, sehingga dapat menjaga lingkungan dan hemat bahan bakar.

3. Mengurangi Karbon
Untuk mengurangi gas Karbon Dioksida yang ada di udara dapat dilakukan dengan;
  • Menanam dan memelihara tumbuhan dalam jumlah banyak. Tumbuhan akan menyerap karbon dioksida untuk proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Di seluruh dunia, tingkat perambahan hutan sangat tinggi, sedangkan tanaman yang tumbuh kembali sedikit sekali, karena tanah yang tidak subur lagi. Upaya reboisasi hutan merupakan langkah yang tepat untuk menyeimbangkan gas rumah kaca di atmosfer
  • Mengganti penggunaan bahan bakar fosil dengan bahan bakar alternatif, misal angin, air, dan sinar matahari.
Demikianlah ulasan mengenai Usaha-Usaha Menganggulangi Pemanasan Global, yang pada kesempatan  kali ini dapat dibahas dengan lancar. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kita semua. Kiranya cukup sekian, kurang lebihnya mohon maaf dan sampai jumpa.
*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah kesehatanmu!!!
*Berjuanglah meraih impianmu dan semoga anda sukses!!!

0 Response to "Usaha-Usaha Menanggulangi Pemanasan Global"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel