Bahan Penyedap

Bahan Penyedap adalah bahan tambahan makanan yang memberikan rasa pada bahan tertentu, sehingga suatu makanan bisa bertambah asam, manis, asin dan sebagainya. Umumnya penyedap rasa diberikan kepada makanan yang tidak atau kurang miliki rasa, seperti agar-agar, masakan berkuah dan lain-lain. sehingga disukai konsumen.

1. Penyedap alami
Bahan penyedap alami yang sering digunakan untuk menimbulkan rasa gurih pada makanan antara lain santan kelapa, susu sapi, dan kacang-kacangan. Selain itu juga bahan penyedap lainnya yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan, antara lain ketumbar, lengkuas, cabai, kayu manis, dan pala.

2. Penyedap buatan (Sintetis)
Penyedap buatan / sering disebut pemberi aroma adalah zat yang memberikan aroma tertentu pada makanan. Pemberi aroma yang berupa senyawa sintetis disebut essen.
Penyedap rasa yang banyak digunakan adalah MSG (Monosodium Glutamate) atau lebih populer dengan nama vetsin dengan berbagai merek dagang dipasar. Penggunaan MSG yang berlebihan telah menyebabkan “Chinese Restaurant Syndrome” yakni suatu gangguan kesehatan yang ditandai dengan timbul rasa, haus, mual, pegal-pegal pada tengkuk, sesak nafas, sakit dada, dan kepala pusing.

0 Response to "Bahan Penyedap"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel