Sejarah Runtuhnya Uni Soviet dan Penyebabnya

Uni Soviet merupakan negara yang memiliki pengaruh & juga memiliki wilayah yang  luas, Uni Soviet begitu besar tetapi tinggal cerita karena memang sudah runtuh. Negara yang begitu besar ini kuat, baik secara militer maupun ekonomi dan merupakan negara pemenang dalam perang dunia, tetapi tidak ada yang memperkirakan berakhir dengan keruntuhan.
Keruntuhan/kehancuran Uni Soviet dapat dikatakan ada penyebabnya, tidak hanya masalah politik, namun ada juga faktor-faktor lainnya.

1. Harga minyak merosot
Uni Soviet merupakan negara penghasil minyak di mana dengan minyak ini mendapatkan banyak devisi & mampu membantu negara lain di Eropa Timur sehingga Uni Soviet begitu disegani oleh beberapa negara terutama  yang  masuk dalam Pakta Warsawa. Tetapi saat harga minyak turun drastis, negara ini kehilangan pemasukan yang begitu menunjang perekonomian.

2. Keragaman Budaya
Uni Soviet juga memiliki keragaman budaya yang sulit disatukan hingga menimbulkan benih perpecahan, masalah internal ini membawa kehancuran pada negara ini.

3. Reformasi Gorbachev
Sebelum Gorbachev berkuasa di Uni Soviet dikenal sebagai negara Tirai Besi di mana kebebasan masyarakat Uni Soviet begitu dibatasi, padahal kemajuan teknologi yang dapat diakses membuat masyarakat tahu akan negaranya & negara lain hingga Stelin meninggal, gelombang reformasi muncul hingga pada masa Presiden Gorbachev mengeluarkan peraturan yang dikenal dengan Perestroika & Glasnost yang merubah Uni Soviet yang menyatakan menjadi awal keruntuhan Uni Soviet di mana memunculkan perasaan ingin bebas & merdeka dari tekanan pemerintah & hal ini menjadi penyebab Uni Soviet mengalami perpecahan menjadi 15 negara. 

1 Response to "Sejarah Runtuhnya Uni Soviet dan Penyebabnya"

  1. Ahaа, its fastidious conversation regarding tһis post аt this place аt this weblog, I have reаd all that, so now mee also commеnting һere.

    ReplyDelete

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel