Kerajaan Samudera Pasai (Sejarah Singkat)

Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Samudera Pasai yang terletak di pesisir timur laut Aceh, kabupaten Lhokseumawe atau Aceh Utara sekarang. Lahirnya Kerajaan Islam yang pertama ini, diperkirakan mula awal atau pertengahan abad ke-13 M.
sejarah singkat kerajaan Samudera pasai
Source: Pihak Ketiga
Sebagaimana diketahui, proses penyebaran Islam di daerah-daerah pantai terjadi sejak abad ke-7 M. Kawasan Aceh yang strategis & berada di pintu masuk Selat Malaka menjadi Aceh sebagai tempat pertemuan para pedagang dari berbagai daerah di Nusantara & para pedagang dari luar negeri, khususnya para pedagang Islam. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika pengaruh Islam sangat kuat di Aceh & diwujudkan dalam bentuk munculnya kerajaan Islam Samudera Pasai.

Salah satu bukti berdirinya Kerajaan Samudera Pasai adalah adanya nisan kubur yang terbuat dari granit asal Samudera Pasai. Dari nisan tersebut dapat diketahui bahwa raja pertama Samudera Pasai, Sultan Malik Al-Saleh meninggal pada bulan Ramadhan 696 H yang diperkirakan bertepatan dengan 1297 M.

Pada 1521 M, kerajaan ini ditaklukan oleh Portugis. Kemudian, kerajaan ini mulai mundur & berada di bawah kekuasaan Kerajaan Aceh. Kerajaan Samudera Pasai berakhir pada 1524 M.

0 Response to "Kerajaan Samudera Pasai (Sejarah Singkat)"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel