Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Pada dasarnya perdagangan internasional muncul dilatarbelakangi oleh kemampuan menghasilkan barang antara negara yang satu dengan negara lain berbeda. Perbedaan inilah mendorong terjadinya perdagangan internasional.
Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional
Faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional antara lain sebagai berikut;
  • Perbedaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara—Sumber daya alam yang dimiliki oleh masing-masing negara tidak sama & mengakibatkan perbedaan hasil produksi dari negara itu.
  • Perbedaan tingkat kualitas sumber daya manusia—Ketersediaan sumber daya alam memerlukan daya dukung kemampuan sumber daya manusia. Suatu negara yang mempunyai sumber daya manusia yang dilihat terutama dari segi kualitas maka akan menghasilkan barang & jasa dengan mutu/kualitas yang lebih baik.
  • Perbedaan ilmu pengetahuan & teknologi—Negara yang menguasai ilmu pengetahuan & teknologi akan mampu memproduksi barang & jasa yang lebih banyak, bermutu, & efisien dibandingkan dengan negara yang tidak menguasainya. Ilmu pengetahuan & teknologi bisa menghemat biaya produksi, jumlah barang & kualitas barang. Keunggulan suatu negara yang bisa memproduksi barang dengan biaya produksi yang lebih murah dibandingkan negara lain disebut comparative advantage.
  • Perbedaan budaya suatu negara—Perbedaan budaya suatu negara akan sangat mempengaruhi barang yang dihasilkan.
  • Perbedaan lain yang mempengaruhi perdagangan internasional yakni perbedaan harga barang, perbedaan upah & biaya produksi, serta perbedaan selera.

0 Response to "Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel