Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Gejala alam biotik adalah semua hal yang berkaitan dengan makhluk hidup. Sebaliknya, gejala alam abiotik adalah gejala alam yang terjadi pada benda tidak hidup, baik perubahan maupun akibat yang ditimbulkan dari perubahan itu.
Gejala Alam Biotik dan Abiotik
Gejala alam biotik meliputi aktivitas dan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup. Contohnya adalah manusia makan, hewan tumbuh dan berkembang, atau tumbuhan yang melakukan adaptasi. Hewan, tumbuhan, dan makhluk hidup lainnya yang terlibat pada aktivitas itu disebut komponen biotik.

Gejala alam abiotik merupakan proses dan perubahan yang terjadi pada komponen tidak hidup. Contoh gejala alam abiotik adalah proses es yang mencair. Pada gejala ini, terjadi perubahan bentuk es yang awalnya berupa zat pada kemudian mengalami perubahan menjadi zat cair. Contoh lainnya adalah perubahan arah angin atau pasang surut air laut komponen yang mengalami gejala ini disebut komponen abiotik.

Gejala yang terjadi pada benda biotik maupun abiotik bisa diketahui menggunakan alat berupa microskop. Mikroskop berfungsi untuk mengamati benda-benda yang berukuran kecil (micro).

1 Response to "Gejala Alam Biotik dan Abiotik"

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel