Pengertian P3K dan Tujuan

Tidak seorang pun yang menginginkan atau berharap mendapatkan kecelakaan, akan tetapi ketika kecelakaan itu menimpa, kita pun tidak bisa mengelak darinya. Kita tidak akan pernah tahu kapan dan di mana kecelakaan itu dapat terjadi, di dalam perjalanan, di sekolah, di tempat berenang, tempat-tempat rekreasi bahkan di rumah kita sendiri pun kecelakaan dapat terjadi. Yang bisa dilakukan pertama kali adalah berusaha untuk memperkecil akibat dari musibah atau kecelakaan itu.
P3K
By. ReadyyGO
Pengertian P3K:
Pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) ialah pertolongan sementara yang diberikan kepada seseorang yang menderita sakit atau kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan dari tenaga medis atau dokter, yang sifatnya memberikan perasaan tenaga kepada korban, serta mencegah atau mengurangi rasa takut dan  yang terpenting adalah mengurangi resiko banyak yang lebih besar yang ditimbulkan akibat kecelakaan tersebut.

Tujuan P3K:
Orang selalu berusaha menghindari penyakit atau kecelakaan. Namun tidak seorang pun tahu kapan penyakit atau kecelakaan itu akan datang. Sebab itu, kita harus selalu berusaha untuk memperkecil akibat dari musibah atau kecelakaan yang mungkin sewaktu-waktu akan menimpa diri atau sanak keluarga.

Kecelakaan itu bermacam-macam dan penanganannya pun memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang sesuai. Kecelakaan bisa terjadi di mana-mana, misalnya, kecelakaan di rumah, di perjalanan, di sekolah, di tempat kerja, di kolam renang, di tempat-tempat rekreasi, dan di tempat-tempat lain. Sebagai akibat kecelakaan, korban bisa meninggal seketika, pingsan, luka berat, dan luka ringan.

Korban kecelakaan yang masih hidup memerlukan pertolongan yang cepat, supaya korban terhindar dari bahaya maut. Di sinilah letak fungsi pertolongan pertama sebelum tenaga medis datang. Jika dilakukan dengan benar, pertolongan pertama pada kecelakaan bisa menolong jiwa seseorang. Namun apabila dilakukan dengan salah, bahkan bisa membahayakan jiwa korban.

Oleh sebab itu, orang yang memberikan pertolongan pertama harus mempunyai pengetahuan, keterampilan dan mampu melihat situasi dan kondisi korban sebelum melakukan pertolongan pertama. tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama, antara lain sebagai berikut;
  1. Memanggil orang dewasa yang ada disekitar kejadian, apabila memungkinkan.
  2. Panggillah dokter atau petugas medis secepat mungkin.
  3. Hentikan perdarahan.

0 Response to "Pengertian P3K dan Tujuan"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel