Alat Optik

Alat optik adalah alat yang mengunakan cermin dan lensa. Alat optik merupakan alat yang menggunakan prinsip pemantulan dan pembiasan cahaya. Alat optik antara lain; mata, kamera, lup, mikroskop, teleskop, teropong bumi, dan periskop.

A. Mata
Mata adalah alat optik yang berfungsi untuk mendapatkan bayangan benda yang jatuh di retina, sehingga bisa diterjemahkan oleh otak sebagai penglihatan. Sifat bayangan yang terbentuk adalah nyata, terbalik, diperkecil. Mata bisa melihat dengan jelas apabila bayangan jatuh pada retina.

1. Daya akomondasi;
Kemampuan mata untuk mencembung atau memipihkan lensanya sehingga sesuai dengan jarak benda.

2. Menebal atau menipis lensa mata sesuai dengan benda yang dilihat.
  • Mata berakomodasi maksimum ketika mata melihat benda-benda yang terlalu dekat (membaca), lensa mata akan mencembung secembung-cembungnya.
  • Mata berakomodasi minimun ketika mata melihat jauh (lensa mata akan memipih sepipihnya).
  • Titik dekat (punctum proximum) adalah titik terdekat yang masih bisa dilihat dengan jelas oleh mata. Titik dekat mata normal seseorang terletak antara 20 – 30 cm.
  • Titik jauh (punctum remotum) adalah titik terjauh yang masih bisa dilihat dengan jelas oleh mata. Titik jauh mata normal adalah di jauh tak terhingga.
3. Cacat mata
Mata dikatakan cacat apabila titik jauh dekat mata bergeser. Mata normal (emitropi) apabila mata bisa melihat dengan jelas pada titik dekat (pada jarak paling dekat 25 cm) dengan mata berakomondasi maksimum dan bisa melihat benda-benda jauh pada jarak tak terhingga. Bayangan yang dibentuk mata; nyata, terbalik, dan diperkecil. Beberapa cacat mata;
  • Miopia/rabun jauh; mata yang tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda jauh tetapi bisa melihat jelas benda-benda yang dekat (membaca).
  • Hipermetropi/rabun dekat; mata tidak bisa melihat dengan jelas benda-benda dekat (membaca) tetapi bisa melihat benda-benda jauh.
  • Presbiopi/mata tua; mata presbiopi tidak bisa melihat dengan jelas benda-benda dekat maupun benda-benda jauh.
Alat optik digunakan sebagai alat bantu penglihatan penyakit mata antara lain;
  • Bagi penderita rabun dekat dapat ditolong dengan kacamata berlensa positif atau cembung (konvergen).
  • Bagi penderita mata tua (presbiopi) dapat ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap atau kacamata bifokal (kacamata dua fokus).
  • Bagi penderita cacat mata silindris tidak mampu melihat garis-garis yang vertikal atau horizontal secara bersama-sama. Penderita dapat ditolong dengan kacamata silindris, sehingga dapat membentuk bayangan yang jelas pada bagian retinanya.
B. Lup
Lup adalah lensa cembung yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas. Lup sering digunakan oleh tukang reparasi jam, atau sering digunakan untuk membaca tulisan yang sangat kecil. Lup juga sering digunakan untuk di laboratorium untuk mengamati serbuk sari atau hewan-hewan kecil.

Demikian artikel mengenai alat optik, semoga bermanfaat meskipun tidak lengkap. Goodbye!

0 Response to "Alat Optik"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel