Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Sosial Budaya

Tujuan pembangunan nasional adalah terwujudnya masyarakat adil & makmur berdasarkan Pancasila. Bangsa Indonesia menghendaki terwujudnya masyarakat yang berdasarkan Pancasila. Masyarakat disekitar, selalu mengalami perubahan sosial & Budaya.
Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Sosial Budaya
Agar perubahan itu tetap terarah pada terwujudnya masyarakat berdasarkan Pancasila, sistem nilai sosial & budaya dalam masyarakat dikembangkan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Sistem nilai sosial yang ada dalam masyarakat Indonesia, terus dikembangkan agar lebih maju & modern. Oleh sebab itu, proses modernisasi perlu terus dikembangkan. Modernisasi tidak berarti Westernisasi, tetapi lebih diartikan sebagai proses perubahan menuju ke arah kemajuan.

Nilai-nilai sosial yang telah ada dalam masyarakat harus terus disesuaikan dengan Pancasila, seperti kekeluargaan, musyawarah, serta gotong royong, terus dipelihara & diwariskan kepada generasi muda.

Demikian juga nilai-nilai sosial dari luar, seperti semangat kerja keras, kedisiplinan, & sikap ilmiah, bisa diterima sesuai nilai-nilai Pancasila.

Sikap feodal, sikap eksklusif, & paham kedaerahan yang sempit serta budaya asing yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila perlu diatasi atau dicegah perkembangannya dalam proses pembangunan. Ilmu pengetahuan & teknologi merupakan contoh budaya asing yang bisa memperkaya budaya bangsa.

0 Response to "Perwujudan Nilai-Nilai Pancasila dalam Bidang Sosial Budaya"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel