Perkembangbiakan Tumbuhan Lumut

Tumbuhan hijau yang ada di atas batuan biasanya adalah tumbuhan lumut. Lumut merupakan tumbuhan yang hidup di daerah yang lembap. Tumbuhan lumut dapat berkembang biak secara generatif dengan menghasilkan sel kelamin & secara vegetatif dengan menggunakan spora.
Perkembangan Hidup Lumut
Source: Pihak Ketiga
Tumbuhan yang anda dapat jumpai, pada umumnya berada pada tahap yang dapat menghasilkan sel kelamin. Pada satu sisi individu lumut memiliki anteridium yang dapat menghasilkan sel sperma & arkegonium yang bisa menghasilkan ovum. Fertilisasi terjadi apabila sel sperma sampai pada ovum yang terdapat pada arkegenium dengan bantuan air. Zigot akan tumbuh & menjadi tumbuhan lumut yang bisa menghasilkan spora.

Jika spora yang dihasilkan jatuh pada tempat yang sesuai untuk tumbuh & berkembang, maka akan tumbuh menjadi protonema. Selanjutnya protonema tumbuh menjadi tumbuhan lumut yang nantinya bisa menjadi sel kelamin.

Lumut juga bisa mengalami perkembangbiakan vegetatif melalui kuncup/gemmae & melakukan fragmentasi. Fragmentasi terjadi ketika tumbuhan lumut melepaskan sebagian tumbuhan untuk menjadi baru. Perlu anda ketahui lumut bisa membantu menyimpan nitrogen dalam tanah dan menyimpan air. Bahkan beberapa juga dapat digunakan sebagai obat hepatitis, seperti lumut hati Marchantia polymorpha. Beberapa kelompok lumut dari lumut daun seperti sphagnum yang sudah lapuk bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar seperti batu bara.

Demikianlah artikel mengenai Perkembangbiakan Tumbuhan Lumut. Semoga artikel ini dapat memberikan Informasi bagi kita semua dan jagalah kesehatan anda!

0 Response to "Perkembangbiakan Tumbuhan Lumut"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel