Latar Cerita atau Setting

Latar atau setting cerita terdiri atas latar tempat ( menunjukkan tempat terjadinya peristiwa), latar waktu (menunjukkan kapan waktu terjadinya peristiwa), & latar suasana (menunjukkan suasana cerita itu. Menulis latar cerita adalah menuliskan gambaran situasi tempat kejadian. Gambaran tempat kejadian & waktu terjadinya peristiwa hendak ditulis menjadi latar cerita. Situasi, tempat, & waktu yang menjadi latar cerita itu dapat dari hasil imajinasi, namun juga dapat dari hasil observasi & eksplorasi dalam kehidupan keseharian.
latar cerita
Observasi dapat dilakukan dengan mengamati/memperhatikan sebuah lingkungan keseharian yang dapat mendukung hasil rancangan. Hasil pengalaman tersebut, selanjutnya ditulis secara detail sesuai dengan apa yang dilihat, didengar, dirasakan, & dibaui.

Proses observasi ini, sekaligus mengeksplorasi tempatnya. Tempat itu dapat tempat yang sepi, ramai, bising, situasi yang sibuk, mencekam, kotor, & bau. Semua hal dari hasil observasi & eksplorasi itu dicatat & itu dapat menjadi bahan latar cerita yang sedang ditulis.
Penggambaran latar cerita ini akan berbeda-beda dari setiap orang, karena sudut pandang yang dipakai juga berbeda. Selain itu juga sangat dipengaruhi oleh kepekaan atau sensitivitas jiwa sang penulis.

Untuk mempersiapkan latar cerita, perlu ditulis & deskripsikan sebanyak mungkin hasil pengamatan & eksplorasi dari beberapa tempat. Jangan hanya menuliskan suasana & tempat itu dalam satu kata, sebab akan memunculkan tafsir yang berbeda.

Demikianlah artikel mengenai Latar Cerita atau Setting yang dijelaskan secara singkat. Semoga bermanfaat bagi pengunjung ataupun pembaca sekalian! Salam damai!

Source: Kemendikbud.

0 Response to "Latar Cerita atau Setting"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel