Sosiologi sebagai Ilmu Sosial

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan, karena tersusun secara sistematis, rasional & mempergunakan metode-metode yang akurat. Sebagai ilmu pengetahuan sosial, sosiologi bisa dimanfaatkan sebagai ilmu pengetahuan murni atau “pure science” & ilmu pengetahuan terapan atau “applied science” (Soekanto: 2012).
Sosiologi sebagai Ilmu Sosial
Source: Pihak Ketiga
Sebagai ilmu pengetahuan murni, sosiologi bertujuan untuk membentuk & mengembangkan ilmu pengetahuan terkait masyarakat. Dalam kesempatan ini sosiologi mempelajari berbagai gejala & problem sosial budaya yang mungkin timbul dalam kehidupan sosial masyarakat. Selain dari kegiatan itu, dipelajari juga berbagai metode penelitian sebagai instrumen kerja lapangan.

Sementara itu sebagai ilmu pengetahuan terapan, sosiologi memiliki peran membekali para sosiolog untuk mengadakan berbagai obsevasi lapangan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menganalis berbagai gejala & problem sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat.

Pengertian mengenai sosiologi (dalam Sosiologi Suatu Pengantar, Soerjono Soekanto, 1990), di antaranya sebagai berikut ini;
  • Roucek & Warren mengemukakan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dalam kelompok. Misal; interaksi sosial di antara sesama anggota  masyarakat RT, RW, dusun, & nagari.
  • Selo Soemardjan & Soelaiman Soemardi berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial, proses sosial, & perubahan sosial. Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yakni norma sosial, lembaga sosial, kelompok sosial, & lapisan sosial. Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara segi kehidupan bersama, misal; pengaruh ekonomi terhadap politik, agama, terhadap ekonomi, atau hukum terhadap agama. Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam Struktur sosial masyarakat.

Referensi;
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Roucek, Joseph S. & Warren, Roland L. Tt. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Bima Aksara.

0 Response to "Sosiologi sebagai Ilmu Sosial"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel