Hubungan Kelembagaan atau Lembaga Sosial

Menurut konsep sosiologi, lembaga adalah suatu sistem hubungan sosial yang terorganisir yang mengejawantahkan nilai-nilai serta prosedur umum tertentu & memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat. Dalam pengertian ini, nilai-nilai umum mengacu pada tujuan bersama, sedangkan prosedur umum merupakan pola-pola perilaku yang dibakukan & diikuti (Soekanto; 2012).
Hubungan Kelembagaan atau Lembaga Sosial
Adapun sistem hubungan adalah jaringan peran serta status yang menjadi wahana untuk melaksanakan perilaku itu. Lembaga ini muncul sebagai dampak dari keinginan individu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Lima lembaga dasar yang penting dalam masyarakat adalah keluarga, keagamaan, politik, perekonomian, & pendidikan. Kelima lembaga dasar ini saling berhubungan secara timbal balik. Setiap lembaga selalu dipengaruhi oleh lembaga lain.

Misalnya keluarga, lembaga keluarga akan berhubungan dengan lembaga pendidikan. Hal tersebut disebabkan karena keluarga tidak bisa memenuhi kebutuhan akan pendidikan secara mandiri. Lembaga ini membutuhkan lembaga pendidikan untuk memperoleh pengetahuan secara formal bagi keluarga itu.

Demikian artikel mengenai hubungan kelembagaan atau lembaga sosial. Semoga bermanfaat & bacalah artikel lainnya. Terima kasih!

Referensi:
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

0 Response to "Hubungan Kelembagaan atau Lembaga Sosial"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel