Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang

Perkembangan IPTEK telah berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan manusia sejauh ini, manusia lebih dipemudah dalam berbagai hal saat beraktivitas. Ilmu yang menghasilkan teknologi komunikasi telah mengurangi jarak & waktu dalam berinteraksi antar pihak. Teknologi sangat berperan penting dalam mengubah cara hidup manusia dalam berinteraksi, adalah teknologi transportasi & teknologi komunikasi.

Teknologi transportasi dimanfaatkan untuk dapat memindahkan barang & manusia dari satu tempat ke tempat lainnya. Sedangkan teknologi komunikasi dimanfaatkan untuk saling bertukar informasi. Teknologi produksi digunakan untuk memproduksi sandang, pangan, papan dll

Segala bentuk/macam jenis teknologi sangat bermanfaat besar karena mempermudah pekerjaan manusia.

Teknologi Transportasi
Berbagai macam bentuk alat transportasi kini dapat kita jumpai baik di darat, udara, & laut. IPTEK yang semakin luas telah memungkinkan perkembangan berbagai macam alat transportasi yang cepat, nyaman & dengan tingkat keamanan yang tinggi. Persawat terbang, kereta cepat monorel, & speed boat kini terus mengalami perkembangan, perbaikan demi kenyamanan penumpangnya. Tetapi alat transportasi tradisional sampai sekarang ini masih dapat kita jumpai juga. Alat transportasi tradisional pada dasarnya belum menggunakan mesin, sekarang ini masih bertahan di negara-negara ASEAN, seperti delman, pedati, & Becak.

Adanya perkembangan teknologi transportasi membawa perubahan besar terhadap aktivitas manusia yang berdampak pada perubahan tata kehidupan. Jumlah orang Indonesia yang pergi ke Singapura ataupun Malaysia atau sebaliknya semakin meningkat setiap tahunnya. Persawat bukan lagi alat transportasi yang mahal. Setiap orang dapat menikmati layanan karena harganya terjangkau, nyaman, & cepat. Kapal laut, selain dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, juga sekarang ini digunakan sebagai sarana wisata. Transportasi darat semakin banyak memberikan alternatif perjalanan.

Perkembangan sarana transportasi membutuhkan ruang sebagai sarana ataupun prasarana, semakin banyak alat transportasi di laut, darat, ataupun udara, sarana prasarana penunjang seperti perluasan jalan, bandara, terminal, dermaga pelabuhan juga akan semakin mendesak untuk terus berjalannya pembangunan.

Pembangunan prasarana transportasi akan mengubah kondisi wilayah di suatu negara, lahan-lahan produksi seperti sawah/hutan kebanyakan telah diubah untuk membangun jaringan jalan. Di beberapa negara ASEAN, rekayasa jaringan lalu lintas transportasi darat sudah sangat canggih. Singapura & Thailand lain mengembangkan jaringan darat bawah tanah.
Perubahan penggunaan lahan sebagai sarana transportasi terjadi juga di sekitar bandara, lahan yang awalnya dipakai sebagai pemukiman/persawahan dikonversi demi perluasan area bandara.
Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang
Teknologi Komunikasi
Komunikasi merupakan cara manusia saling berinteraksi/berhubungan, pertama kali di ajarkan oleh ibu kepada anaknya. Bahasa yang diajarkan ibu kepada anaknya dinamakan bahasa ibu.

Ilmu pengetahuan sampai sekarang telah berjasa mengubah perkembangan teknologi komunikasi yang semakin luas & canggih. Teknologi komunikasi memungkinkan setiap individu manusia berbagi informasi/menyebarkan informasi secara meluas dalam waktu yang singkat. Berbeda dengan keadaan pada masa ketika komunikasi masih menggunakan surat, yang masih membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tujuan. Perkembangan teknologi komunikasi sangat menguntungkan, sebab bisa mengurangi jarak tempuh & waktu.
Namun perlu diketahui perkembangan teknologi juga dapat memberi kerugian, antara lain mengurangi intensitas interaksi secara langsung antar masyarakat.

Perubahan terjadi dalam kehidupan masyarakat di negara-negara ASEAN sebagai akibat perkembangan teknologi transportasi & komunikasi bisa dilihat, sebagai contoh dalam berbagai aspek, baik sosial, budaya, ataupun keamanan bersama.

1. Sosial
  • Maraknya perdagangan manusia,
  • Kerja sama luar negeri semakin mudah,
  • Kebutuhan transportasi massal semakin tinggi untuk menghindari kemacetan,
  • Bertambahnya jumlah penduduk dalam waktu singkat.
2. Ekonomi
  • Nilai barang lokal meningkat seiring permintaan mata uang asing,
  • Barang-barang asing semakin mudah dijangkau.
  • Bertambahnya pendapatan negara dikarenakan pajak & pendapatan dari sewa tempat tinggal, akibat munculnya pusat-pusat aktivitas masyarakat, seperti wisata, perbelanjaan, & tempat tinggal yang diperlukan para pendatang.
3. Budaya
  • Terjadinya kecenderungan gaya hidup hedonis,
  • Perubahan sistem nilai dan norma,
  • Terjadi akulturasi budaya secara sadar maupun tidak sadar,
  • Aliran-aliran yang bertentangan dengan budaya semakin mudah masuk.
4. keamanan
  • Narkotika & obat terlarang semakin mendapat tempat jika dibiarkan,
  • Jaringan kelompok perusuh antar negara semakin mudah diorganisir,
  • Gangguan kondisi keamanan suatu negara semakin rentan jika tidak terus ditingkatkan.

0 Response to "Pengaruh Perkembangan Ilmu dan Teknologi terhadap Perubahan Ruang"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel