Pendidikan Sebagai Sarana Membangun Kesadaran Bangsa

Pendidikan Sebagai Sarana Membangun Kesadaran Bangsa
Selamat datang di ReadyyGo yang selalu berusaha menyampaikan informasi-informasi yang bermanfaat. Pada kesempatan ini ReadyyGo akan membahas tentang “Pendidikan Sebagai Sarana Membangun Kesadaran Bangsa”, dan untuk penjelasannya simaklah ulasan berikut ini.
Pendidikan sangat mempunyai peranan yang sangat penting sekali sebagai peranan sentral dalam penyebaran gagasan Nasionalisme modern. Di zaman Kolonial peranan kaum terpelajar (kaum intelegensia) penting sekali dalam mendidik rakyat agar dapat sadar akan hak-haknya untuk merdeka. Pendidikan saat itu mendorong keluar mereka dari feodalisme dan kolonialisme. Mereka yang ikut menduduk pendidikan sebagai penyebar luas semangat kebangsaan melalui media koran, majalah, dan radio yang menyiarkan informasi tentang gagasan serta kegiatan para tokoh gerakan kebangsaan saat itu.
Pendidikan Sebagai Sarana Membangun Kesadaran Bangsa
Pada masa sekarang pendidikan masih relevan sebagai wahana transmisi budaya dalam mewariskan nilai-nilai yang dianggap penting untuk dicapai dan dimiliki peserta didik. Pendidikan merupakan lembaga yang dapat diandalkan untuk membangun kesadaran bangsa. Demikian juga pendidikan sebagai alat transformasi budaya yang dapat dijadikan sebagai sarana upaya pembaharuan atau pola nilai-nilai kebangsaan yang sesuai keperluan kehidupan masa depan peserta didik. Pendidikan digunakan untuk keperluan re-edukasi kesadaran kebangsaan yang tidak terbatas hanya dibidang pendidikan formal di sekolah, tetapi tetap perlu dukungan dari masyarakat untuk sepakat dan konsisten melakukan upaya bersama-sama. Selain itu bantuan dari media sangat berperan penting juga, dikarenakan dalam era modern saat ini, informasi dapat dengan mudah disebarluaskan seperti gagasan-gagasan baru dengan efektif, seperti media cetak, media elektronik atau digital.

Demikianlah ulasan tentang “Pendidikan Sebagai Sarana Membangun Kesadaran Bangsa” yang pada kesempatan ini dapat ReadyyGo sampaikan, kurang/lebihnya mohon maaf, terima kasih telah berkunjung dan membaca! Sampai Jumpa!

0 Response to "Pendidikan Sebagai Sarana Membangun Kesadaran Bangsa"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel