Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk Indonesia

Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk Indonesia
Perlu diketahui bahwa wilayah Indonesia memiliki kenampakan alam yang beragam, sehingga berpengaruh terhadap pola kehidupan penduduk di sekitarnya. Pada kesempatan ini, ReadyyGo akan membahas mengenai Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk Indonesia, yang mencakup aktivitas pertanian, non pertanian, perdagangan & jasa, serta pariwisata.
uang seribu rupiah
1.  Aktivitas Pertanian
Indonesia merupakan salah satu negara yang mengembangkan sektor agraris untuk menopang kehidupan perekonomiannya. Perlu diketahui sebagian besar penduduk Indonesia yang bertempat tinggal di wilayah perdesaan mengembangkan sektor pertanian.
Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk Indonesia
a. Area Persawahan
Kegiatan pertanian di Indonesia dilaksanakan dalam bentuk berbagai bentuk, yakni sawah tadah hujan (pengairan sawah diperoleh dari air hujan), sawah irigasi (pengairan sawah melalui saluran-saluran irigasi), sawah lebak (sawah yang memanfaatkan bantaran sungai), sawah pasang surut (sawah yang ada di muara sungai besar & dipengaruhi oleh pasang surut air laut).

b. Perkebunan
Perkebunan adalah pertanian yang bersifat niaga karena hasilnya untuk dijual, dapat juga diusahakan oleh pemerintah/swasta, modal besar, tanaman yang diusahakan, seperti karet, cokelat, kapas, kopi, teh, gula, buah-buahan dan lain sebagainya.

c. Perikanan
Perikanan adalah usaha pemeliharaan, pembudidayaan & penangkapan ikan. Perlu diketahui bahwa perikanan dibedakan menjadi 2, yakni perikanan laut & perikanan darat.

d. Peternakan
Peternakan adalah usaha memelihara binatang ternak untuk diambil manfaatnya. Khususnya di Indonesia, usaha peternakan dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis, yakni peternakan hewan kecil, hewan besar & ternak unggas.

e. Kehutanan
Hutan sangat begitu penting karena manfaatnya yang besar bagi makhluk hidup. Hutan juga sebagai paru-paru dunia, hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian. Sebab hutan dapat menghasilkan kayu rotan & damar.

2.  Aktivitas Nonpertanian
Berbagai kegiatan di luar sektor petanian, diantaranya sebagai berikut;
a. Pertambangan
Pertambangan adalah kegiatan manusia untuk menemukan, menggali & mengolah barang-barang tambang. Usaha pertambangan mencakup kegiatan eksplorasi, eksplotasi, & pemasaran.

b. Perindustrian
Perindustrian adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat berupa pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi/barang jadi, yang nantinya dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Berikut faktor pendukung berkembangnya industri di Indonesia;
  • Indonesia kaya akan bahan mentah yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan industri
  • Indonesia memiliki penduduk yang cukup besar sehingga sangat potensial sebagai penyedia tenaga kerja & sebagai konsumen dari hasil-hasil Industri.
  • Indonesa kaya akan sumber energi sebagai penggerak jalannya usaha industri, misal; minyak bumi, gas alam & batu bara.
  • Indonesia terletak di tempat yang strategis di persimpangan lalu lintas dunia.
c. Perdagangan & Jasa
Perdagangan & jasa adalah kegiatan manusia dalam melaksanakan jual beli barang & pelayanan. Perlu diketahui juga perdagangan itu dapat terjadi karena adanya faktor-faktor beriku ini;
  • Perbedaan sumber daya manusia
  • Perbedaan sumber daya alam
  • Perbedaan tanah & iklim, sehingga mengakibatkan perbedaan hasil.
d. Pariwisata
Pariwisata adalah perjalanan yang dilakukan dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan tujuan bersenang-senang/rekreasi.
Berikut ini beberapa jenis pariwisata;
1) Berdasarkan Letak Geografisnya
  • Pariwisata lokal, adalah pariwisata setempat yang mempunyai ruang lingkup sempit & terbatas pada tempat-tempat tertentu.
  • Pariwisata nasional atau pariwisata dalam negeri, adalah pariwisata yang dilakukan di dalam negeri
  • Pariwisata internasional, adalah pariwisata yang dilakukan di negara-negara seluruh dunia.
2) Berdasarkan Tujuannya
a) Darmawisata, dapat digolongkan menjadi 4 yakni;
  • Pariwisata yang bertujuan menikmati perjalanan/berpetualang, misal mengarungi samudera, menjelajahi hutan, arum, jeram & lain sebagainya.
  • Pariwisata yang bertujuan olahraga
  • Pariwisata yang bertujuan untuk rekreasi
  • Pariwisata untuk tujuan kebudayaan
b) Karyawisata, adalah pariwisata yang bertujuan menunaikan tugas pekerjaan, yakni seperti pariwisata disertai menghadiri pertemuan/konferensi & pariwisata disertai berdagang.
c) Widiawisata, adalah pariwisata yang tujuannya untuk memperdalam ilmu pengetahuan.

Demikianlah ulasan mengenai Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk Indonesia, yang dibahas dengan singkat. Semoga dari ulasan di atas, terdapat manfaat yang positif guna menambah wawasan anda. Kiranya cukup sekian, kurang/lebihnya mohon maaf, & sampai jumpa!!!

0 Response to "Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk Indonesia"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel