Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia

Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia
Keberagaman masyarakat Indonesia di pengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat. Secara umum keberagaman masyarakat Indonesia disebabkan oleh hal-hal berikut ini;

a. Letak strategis wilayah Indonesia
Letak wilayah Indonesia sangat strategis. Letak strategis ini terlihat pada diapitnya Indonesia oleh 2 Samudera yaitu Samudera Hindia & Samudera Pasifik serta 2 Benua yaitu Benua Australia & Benua Asia. Hal itu mengakibatkan wilayah Indonesia menjadi jalur perdagangan internasional. Kondisi tersebut kemudian dimanfaatkan oleh pedagang-pedagang asing untuk membuka jalur perdagangan sekaligus menyebarkan agama & kebudayaan asal daerahnya.
Letak Strategis Wilayah Indonesia
Wilayah Indonesia terletak di antara Samudera Pasifik & Samudera Hindia, serta di antara Benua Asia & Australia yang memungkinkan wilayah Indonesia menjadi perlintasan jalur mobilitas Internasional

Adanya kontak & komunikasi dengan para pedagang asing yang mempunyai corak budaya & agama yang berbeda mengakibatkan terjadinya proses akulturasi unsur kebudayaan. Di samping itu, banyak diantaranya pedagang asing yang kemudian menetap & menyebabkan adanya perbedaan ras & agama ataupun kepercayaan.

b. Kondisi negara kepulauan
Indonesia adalah negara kesatuan yang memiliki beribu-ribu pulau yang dipisahkan oleh selat & laut. Setiap masyarakat yang tinggal di pulau berbeda mempunyai perkembangan budaya yang berbeda pula. Masing-masing pulau memiliki cara-cara tersendiri untuk mengembangkan & menyebarkan kebudayaannya. Hal inilah yang membentuk adanya perkembangan ras, suku, bahasa, adat istiadat, & agama di berbagai wilayah Indonesia.

c. Perbedaan kondisi alam
Indonesia memiliki keanekaragaman kondisi alam yang menakjubkan seperti daerah pesisir pantai, rawa, dataran, perbukitan, pegunungan, & lain-lain. Kondisi tersebut juga berdampak pada bervariasinya kekayaan alam yang dimiliki mulai dari tanah, air, hewan & tumbuhannya.

Setiap kondisi alam mewujudkan adanya perbedaan bentuk rumah, makanan pokok, pekerjaan, kesenian, pakaian , & lain sebagainya. Perbedaan inilah yang menyebabkan terbentuknya keberagaman di Indonesia. Sebagai contoh, ada masyarakat yang mengandalkan laut sebagai sumber pemenuhan kebutuhan kehidupannya ada pula yang mengandalkan pertanian & perkebunan, dll.

Selain kondisi alam, kondisi iklim juga sangat berpengaruh terhadap keberagaman. Kondisi iklim seperti perbedaan musim menyebabkan perbedaan pada masyarakat.

d. Keadaan transportasi & komunikasi
Kemajuan sarana transportasi & komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan sarana ini membawa masyarakat mudah berhubungan dengan masyarakat lain, meskipun sebenarnya jarak & kondisi alam yang sulit. Perbedaan itu berpengaruh terhadap perkembangan hubungan dengan masyarakat lainnya. Mudahnya sarana transportasi & komunikasi membuat masyarakat mudah berinteraksi dengan dunia luar. Sebaliknya, karena kondisi alam & luasnya wilayah Indonesia maka dapat menyebabkan terbatasnya interaksi & berujung pada munculnya keberagaman.

e. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan
Keberagaman di Indonesia juga disebabkan oleh sikap masyarakat dalam menerima suatu perubahan baik yang berasal dari dalam maupun luar masyarakat itu sendiri. Terdapat masyarakat yang dapat dengan mudah menerima kebudayaan asing seperti halnya yang terdapat di masyarakat  perkotaan. Tetapi terdapat pula masyarakat yang menolak adanya budaya luar yang masuk & memilih untuk menutup diri.

Sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Ada masyarakat yang mudah menerima orang asing/budaya asing, seperti masyarakat perkotaan. Tetapi ada juga sebagian masyarakat tetap bertahan pada budaya sendiri.

Jadi, keberagaman dalam masyarakat Indonesia sudah menjadi ketetapan Tuhan Yang Maha Kuasa. Keberagaman merupakan anugerah yang patut disyukuri. Pemerintah & seluruh warga negara Indonesia sebaiknya mendorong keberagaman itu menjadi sebuah kekuatan guna mewujudkan persatuan & kesatuan bangsa. Menghormati keberagaman adalah sikap terpuji sebagaimana Tuhan menciptakan makhluknya yang beraneka ragam.

Demikianlah ulasan mengenai Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia, yang pada kesempatan yang baik ini dapat dibahas dengan lancar. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kita semua. Cukup sekian, kurang lebihnya mohon maaf, & semoga anda sukses.
*Rajinlah belajar demi Bangsa & Negara, serta jagalah kesehatanmu!!!

0 Response to "Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel