Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Pertumbuhan

Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Pertumbuhan
Pertumbuhan yang menyangkut perubahan materiil dan struktur fisiologis, sangat dipengaruhi oleh aspek-aspek tertentu yang mana aspek-aspek itu sendiri saling berhubungan. Berikut beberapa aspek-aspek yang mempengaruhi pertumbuhan meliputi;
Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Pertumbuhan.png

1. Anak Sebagai Keseluruhan
Anak sebagai keseluruhan tumbuh oleh kondisi dan interaksi dari setiap aspek kepribadian yang ia miliki. Intelek anak berhubungan dengan kesehatan jasmaninya, kesehatan jasmaninya sangat dipengaruhi oleh emosi-emosinya; sedangkan emosi-emosinya di pengaruhi oleh keberhasilannya di sekolah, kesehatan jasmaninya, dan kapasitas mentalnya. Pertumbuhan anak, baik fisik, intelektual, maupun  sosial sangat ditentukan oleh latar belakang keluarganya, latar belakang pribadinya, dan aktivitas sehari-harinya.

2. Umur Mental Anak Mempengaruhi Pertumbuhannya
Umur mental anak mempengaruhi kapasitas mentalnya. Kapasitas mental anak menentukan prestasi belajarnya. Penelitian tentang hubungan antara prestasi belajar dengan pertumbuhan anak pada umumnya, telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya  hubungan yang erat antara prestasi belajar dan pertumbuhan atau tingkat kematangan anak.

3. Permasalahan Tingkah Laku Sering Berhubungan Dengan Pola Pertumbuhan
Kita perlu menyadari, bahwa pertumbuhan sendiri menimbulkan situasi-situasi tertentu yang menimbulkan problem-problem tingkah laku. Anak-anak yang pertumbuhannya cepat, lambat, atau tidak teratur sering menimbulkan problem-problem pengajaran. Anak memiliki energi yang diperoleh dari makanan dan gizi. Energi anak digunakan untuk;
  • Aktivitas-aktivitas
  • Pertumbuhan

Tatkala energi banyak digunakan untuk pertumbuhan, maka aktivitas anak menjadi berkurang. Tatkala energi banyak pakai untuk aktivitas, maka pertumbuhan anak menjadi lambat dan bahkan seolah-olah istirahat.

4. Penyesuaian Pribadi dan Sosial Mencerminkan Dinamika Pertumbuhan
Peristiwa-peristiwa yang terjadi pada anak akibat pertumbuhan dan setelah dihadapkan dengan tantangan kultural masyarakat terutama harapan-harapan orang tua, guru-guru dan teman-teman sebayanya, tercermin di dalam penyesuaian sosialnya. Anak yang tidak menunjukkan kelainan-kelainan menonjol dalam pergaulan sosialnya, itu bisa berarti, bahwa pertumbuhan anak itu normal. Pertumbuhan luar biasa yang dialami oleh anak bisa menyebabkan kelainan atau kesulitan dalam menyesuaikan diri dalam pergaulan.

Demikianlah ulasan mengenai Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Pertumbuhan, yang pada kesempatan kali ini dapat dibahas dengan lancar. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi para pengunjung ataupun pembaca dan untuk kurang lebihnya mohon maaf. Cukup sekian dan sampai jumpa!

*Rajinlah belajar demi Bangsa dan Negara, serta jagalah Kesehatanmu!
*Semoga anda sukses!

0 Response to "Aspek-Aspek yang Mempengaruhi Pertumbuhan"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel