Pentingnya Globalisasi dan Arti pentingnya globalisasi bagi Indonesia

Globalisasi memang sering digambarkan sebagai sebuah gejala ekonomi, yang ditandai dengan munculnya banyak perusahaan multinasional, yang beroperasi melintasi batas-batas wilayah negara. Hal ini mempengaruhi proses produksi & penyebaran tenaga kerja internasional. Tetapi sesungguhnya lebih luas dari itu, karena selain bidang ekonomi, juga menyangkut bidang politik, sosial & budaya. Semua bidang tersebut digerakan oleh perkembangan infomasi & teknologi komunikasi yang telah mampu meningkatkan kecepatan & lingkup hubungan antar manusia di seluruh dunia.
Pentingnya Globalisasi dan Arti pentingnya globalisasi bagi Indonesia
Globalisasi memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia yang sedang membangun yakni dengan mengambil manfaat dari kemajuan-kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa / negara lain, untuk diterapkan di Indonesia. Sudah barang tentu tidak semua kemajuan yang dialami bangsa lain akan kita ambil / kita tiru begitu saja. Indonesia seharusnya hanya akan mengambil kemajuan dari sisi positif saja, baik itu kemajuan di bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, serta teknologi. Untuk itu nilai-nilai Pancasila harus kita gunakan sebagai penyaring dari nilai yang diambil, karena nilai-nilai Pancasila sesuai dengan situasi & kondisi dari bangsa Indonesia. Pancasila bersumber dari agama & adat istiadat yang digali dari bumi Indonesia.

Jika mengambil suatu hal atau barang yang berasal dari luar negeri, namun tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, maka yang terjadi adalah kaburnya jati diri bangsa Indonesia. Sesuatu yang modern memang diperlukan tetapi tidak boleh menghilangkan nilai-nilai yang sudah berakar dalam diri bangsa Indonesia.

0 Response to "Pentingnya Globalisasi dan Arti pentingnya globalisasi bagi Indonesia"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel