Sumber-Sumber Energi Listrik

Mengingat keterbatasan energi tambang, saat ini listrik tidak hanya dihasilkan dari minyak bumi & batu bara saja, namun juga dari energi matahari, angin, air, & bioenergi. Sumber-sumber energi itu, merupakan energi alternatif karena ketersediaannya di alam yang dianggap sangat melimpah/tidak akan pernah habis apabila digunakan. Agar anda mengetahui berbagai sumber energi alternatif itu, pelajari pembahasan selanjutnya dengan baik.

1. Energi Matahari
Energi matahari
Gambar: Panel Surya
Source: pihak ketiga.

Energi matahari adalah sumber energi terbesar & paling besar ketersediaannya. Melalu penggunaan panel surya, energi matahari bisa diubah menjadi energi listrik. Penggunaan energi surya di Indonesia diterapkan dalam dua macam teknologi, yakni teknologi energi surya termal & energi surya fotovoltaik.

Energi surya termal digunakan untuk memasak (kompor surya), mengeringkan hasil pertanian & memanaskan air. Energi surya fotovoltaik digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik, pompa air, televisi, telekomunikasi, & lemari pendingin di Puskesmas dengan kapasitas total ± 6 MW.

2. Energi Angin/Kincir Angin
Gambar: Kincir Angin.
Source: pihak ketiga.

Kincir angin adalah salah satu contoh sumber energi listrik alternatif. Energi gerak, yang dihasilkan oleh gerakan angin terhadap kincir, diubah oleh generator menjadi energi listrik. Berbeda dengan batu bara, gas, & minyak bumi, kincir angin tidak menyebabkan polusi bagi lingkungan, sehingga kincir angin dipercaya ramah terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, pada tahun 1930, pemerintah Amerika mulai menggunakan kincir angin sebagai sumber energi listrik utamanya.

3. Energi Air/Hydropower
Gambar: Hydropower..
Source: pihak ketiga.

Air yang mengalir dari hulu ke hilir, khususnya pada sungai-sungai yang deras, bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Arus air sungai itu dimanfaatkan untuk menggerakan turbin yang terhubung pada generator sehingga energi listrik bisa dihasilkan.

4. Bioenergi
Source: pihak ketiga.

Bioenergi adalah energi yang diperoleh dari biomassa. Biomassa merupakan bahan organik yang berasal dari makhluk hidup, baik dari tumbuhan maupun hewan. Limbah dari budidaya pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, maupun perikanan juga bisa digunakan sebagai bioenergi. Energi yang diperoleh dari biomassa ini bisa diubah menjadi energi listrik dengan cara mengolah biomassa menjadi bahan bakar nabati, misalnya etanol/biodiesel. Bahan bakar nabati ini selanjutnya bisa digunakan sebagai bahan bakar generator/diesel untuk menghasilkan listrik.


Demikianlah artikel mengenai sumber-sumber energi listrik, semoga bermanfaat bagi kita semua.

[Telah di Revisi]

0 Response to "Sumber-Sumber Energi Listrik"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel