Perkembanganbiakan Aseksual pada Hewan

Perkembanganbiakan Aseksual artinya perkembangbiakan yang terjadi tanpa dengan peleburan dua sel kelamin yang berbeda jenisnya. Perkembangbiakan aseksual pada hewan ada lima jenis, yakni pembelahan biner, pembelahan ganda, pembentukan tunas, fragmentasi, & partenogenesis.
Perkembanganbiakan Aseksual pada Hewan
Source: pihak ketiga.
1. Pembelahan Biner
Pembelahan biner, terjadi pada makhluk hidup uniseluler, yakni dari golongan Monera & Protista. Pada pembelahan biner, dari satu individu membelah secara langsung menjadi dua sel anak.

2. Pembelahan Ganda
Pembelahan ganda, yakni pembelahan berulang sehingga dalam sekali pembelahan dari satu individu bisa dihasilkan lebih dari dua individu. Contoh hewan yang bisa melakukan pembelahan ganda adalah Plasmodium.

3. Pertunasan (Budding)
Pertunasan (budding), yakni pembentukan tunas kecil yang serupa dengan induk. Tunas ini kemudian memisahkan diri & menjadi individu baru. Contohnya pada Hydra, ubur-ubur pada saat berbentuk polip, & hewan dari golongan Porifera.

4. Fragmentasi
Fragmentasi adalah perkembangbiakan yang berasal dari potongan tubuhnya sendiri. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara fragmentasi adalah cacing tanah, binatang laut, & Planaria. Fragmentasi bukan merupakan cara berkembangbiakan yang utama, karena dalam kondisi normal Planaria berkembangbiak secara seksual.

5. Parthenogenesis
Parthenogenesis, individu baru terbentuk dari telur yang tidak dibuahi. Hewan yang mengalami parthenogenesis adalah serangga, misalnya lebah madu.

Demikianlah artikel mengenai perkembangbiakan aseksual pada hewan, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Perkembanganbiakan Aseksual pada Hewan"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel