Sejarah Renang Gaya Bebas

Cabang olahraga renang mempunyai gaya-gaya tertentu yang di antaranya gaya bebas. Renang gaya bebas ini menyerupai cara berenang seekor binatang. Oleh karena itu, gaya ini dikenal atau disebut “Crawl” yang artinya merangkak.
Sejarah Renang Gaya Bebas
Source: Pihak Ketiga

Gerakan asli dari gaya ini adalah menirukan gerakan anjing yang berenang atau dikenal dengan renang gaya anjing (Dog style). Gaya bebas ini disebut juga gaya “Rimau”, yang berasal dari kata “Harimau”.

Dengan adanya perlombaan-perlombaan dalam olahraga, & untuk mencapai kemenangan itu perlu diusahakan agar bisa berenang dengan kecepatan maksimal.

Sebab itu, timbullah perubahan & variasi dalam gaya berenang. Perubahan-perubahan itu dilakukan dengan menirukan cara orang pribumi di Amerika Utara. Amerika Selatan & Kepulauan Polynesia, karena ternyata cara-cara yang mereka lakukan bisa lebih cepat dari gaya renang yang umumnya dilakukan pada waktu itu.

Misal yang dilakukan oleh J. Arthur Trudgeon, seorang asal Inggris yang sekembalinya dari Amerika Selatan ke negerinya membawa suatu gaya renangan yang lain dari yang ada pada waktu itu, & sekarang gaya itu dikenal dengan gaya “Trudgeon Crawl”. Sekaligus Richard Cavill seorang penemu gaya bebas.

Gerakan gaya bebas yang pertama adalah “Crawl Australia”, yakni dilakukan dengan dua kali gerakan lengan & disertai dua kali gerakan kaki. Selanjutnya berkembang sesuai dengan penemuan-penemuan baru dalam ilmu pengetahuan.

Demikianlah artikel mengenai sejarah renang gaya bebas. Semoga bermanfaat bagi para pembaca & perluaslah wawasan anda dengan membaca artikel-artikel lainnya.

Referensi:
Murni, Muhammad. 2005. Renang. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. 

0 Response to "Sejarah Renang Gaya Bebas"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel