Rotasi Bumi

Rotasi adalah perputaran suatu benda mengitari porosnya (sumbunya). Dalam gerakan rotasinya, bumi membutuhkan waktu 23 jam, 56 menit, 4 detik, atau 24 jam untuk sekali rotasi. Kecepatan bumi melakukan rotasi berbeda-beda pada setiap tempat. Semakin dekat ke kutub, kecepatan semakin rendah. Akibatnya perputaran bumi pada porosnya (rotasi bumi), akan terjadi beberapa peristiwa di bumi yakni sebagai berikut;
Rotasi Bumi
By ReadyyGo
a. Terjadinya Siang dan Malam
Bagian bumi yang menghadap ke arah matahari ketika berputar pada porosnya akam mengalami siang, sebaliknya bagian bumi yang membelakangi matahari akan mengalami malam, dan hal ini terjadi secara bergantian yakni panjang waktu siang dan malam rata-rata 12 jam. Perbedaan waktu siang dan malam akam menjadi lebih besar pada tempat-tempat yang jauh dari khatulistiwa.

b. Terjadinya Perbedaan Waktu di Berbagai Tempat di Muka Bumi
Dalam sekali putaran, bumi menempuh sudut 360º. Oleh sebab itu, di seluruh permukaan bumi bisa dibuat 360 buah garis khayal yang membujur dari utara ke selatan. Garis yang membujur itu adalah garis bujur. Berdasarkan garis bujur inilah waktu di bumi ditetapkan. Sebagai contoh, garis bujur yang melalui kota greenwich, dekat London ditetapkan sebagai garis 0º. Pada garis inilah waktu pangkal ditetapkan. Oleh karena 360º ditempuh dalam waktu 24 jam, setiap 1 jam bumi berputar sejauh 15º.

c. Batas Penanggalan Internasional
Batas penanggalan internasional ditetapkan pada garis bujur 180º. Maksudnya, apabila dibelahan barat (sebelah barat garis bujur 180º) tanggal 9, dibelahan timur sudah tanggal 10. Dengan demikian, penanggalan itu seolah-olah melompat 1 hari.

d. Gerak Semu Harian Bintang
Akibat dari rotasi bumi, kita yang ada di bumi melihat seolah-olah mataharilah yang bergerak berputar dari timur ke barat mengelilingi bumi. Padahal yang terjadi sebenarnya adalah matahari tidak bergerak, tetapi bumilah yang bergerak berputar mengelilingi matahari dari barat ke timur. Gerakan yang tidak sebenarnya ini dinamakan gerak semu harian bintang. Disebut gerak semu harian karena kita bisa mengamatinya setiap hari atau setiap saat.

0 Response to "Rotasi Bumi"

Post a Comment

Tata Tertib Berkomentar di Blog ReadyyGo :
1. Kalimat atau Kata-kata Tidak Mengandung Unsur (SARA).
2. Berkomentar Sesuai dengan Artikel Postingan.
3. Dilarang Keras Promosi Apapun Bentuk & Jenisnya.
4. Link Aktif atau Mati, Tidak Dipublikasikan & Dianggap SPAM.
5. Ingat Semua Komentar Dimoderasi.
6. Anda dapat request artikel lewat kolom komentar ini.

Terimakasih Atas Pengertiannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel